LPPM Lakukan Survei Lapang Kegiatan SLAK ke Kabupaten Madiun

LPPM Lakukan Survei Lapang Kegiatan SLAK ke Kabupaten Madiun

Pada tanggal 24 – 26 Juni 2018, Tim LPPM IPB yaitu Prof. Dr. Sugeng Heri Suseno, S.Pi., M.Si (Wakil Kepala LPPM Bidang Pengabdian kepada Masyarakat) dan Danang Aria Nugroho, S.E (Staff LPPM) melakukan survei awal untuk pendampingan kegiatan Stasiun Lapang Agrokreatif (SLAK) tahun 2018 di Desa Mendak, Kecamatan Dagangan dan Desa Kare Kecamatan Kare Kabupaten Madiun.

Tim LPPM IPB disambut oleh Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Kepala Bidang Pangan Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Madiun. Dalam kegiatan survey lapang, Tim LPPM IPB mengawali kunjungan dengan berdiskusi dengan Kepala Desa setempat dan mengunjungi lokasi pelaku UMKM Kopi Robusta Lanang dan Kopi Robusta. Beberapa point yang diperoleh dari kegiatan survey lapang yang dilakukan di Desa Mendak Kecamatan Dagangan adalah perlu dilakukannya pendampingan kepada para pelaku UMKM produk olahan jahe merah, dodol loren (telo dan durian), pisang cici, dan produk hasil olahan gula aren untuk meningkatkan mutu dan kualitas produk dan menambah nilai jual. Selain itu perlu Tim LPPM memandang perlu dilakukan kegiatan Klinik Tanaman untuk identifikasi dan mengatasi hama penyakit tanaman cengkeh serta menempatkan fasilitator SLAK bidang keahlian arsitektur lanskap untuk pengembangan kawasan wisata di lokasi tersebut.

Untuk pendampingan yang akan dilaksanakan di Desa Kare Kecamatan Kare, Tim LPPM IPB akan mengirimkan fasilitator untuk memberi pendampingan kepada para pelaku UMKM produk olahan kopi kare robusta lanang, kopi kare robusta, madu hutan, olahan kripik garut, pisang dan tales supaya dapat meningkatkan nilai jual.

Survey lapang yang dilakukan oleh Tim LPPM IPB merupakan langkah awal dalam pelaksanaan pendampingan kegiatan Stasiun Lapang Agrokreatif tahun 2018. Harapannya, kegiatan SLAK di Kabupaten Madiun nantinya dapat membantu meningkatkan nilai tambah produk UMKM di Kabupaten Madiun.

Unduh Berita

lppm

Leave a Reply

Close
Switch Language