LPPM IPB University Berikan Pelatihan untuk Paguyuban Perguruan Tinggi Swasta Jawa Timur

LPPM IPB University Berikan Pelatihan untuk Paguyuban Perguruan Tinggi Swasta Jawa Timur

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) IPB University diundang oleh Universitas Surabaya (Ubaya) untuk menyampaikan pengalaman dan strategi pengembangan basis data penelitian dan pengabdian kepada masyarakat (PPM) di hadapan Paguyuban Perguruan Tinggi Swasta (PTS) seJawa Timur, Jumat (10/1).

Kegiatan yang berupa pelatihan tersebut dihadiri sedikitnya 100 peserta dari 40 perguruan tinggi swasta yang ada di Jawa Timur. “Kami memerlukan pembelajaran dari IPB University terkait upaya meningkatkan kinerja PPM melalui perencanaan basis data di LPPM, mengingat IPB University merupakan PTNBH yang sangat bagus dan masuk pada peringkat ke-2 Kinerja penelitian perguruan tinggi di Indonesia,” ungkap Prof. Suyanto, Ketua LPPM Ubaya.

Pelatihan ini mengangkat tema “Peningkatan kinerja PPM Perguruan Tinggi melalui Pengoptimalan Basis Data” dengan menghadirkan narasumber Prof Dr Agik Suprayogi, Wakil Kepala LPPM IPB University Bidang Penelitian. Terdapat dua materi yang disampaikan sekaligus oleh Prof Agik yaitu Pemanfaatan dan Fungsi Basis Data dalam Meningkatkan Kinerja PPM dan Pembentukan Tim Basis Data dan Mekanisme Kerja.

Sementara narasumber lainnya, Dr Triadiati menyampaikan dua materi yang berjudul Teknik Klasifikasi Hasil Penelitian Berdasarkan Rencana Induk Penelitian (RIP) Perguruan Tinggi dan Proses Pembuatan dan Publikasi Basis Data.

“Kami bersyukur bahwa upaya membangun basis data PPM di LPPM IPB University yang dilakukan sejak sepuluh tahun lalu, dapat bermanfaat bagi perguruan tinggi di Indonesia. Selama ini LPPM IPB University setiap tahun menyelenggarakan pelatihan basis data di IPB dan sudah diikuti oleh 54 perguruan tinggi di Indonesia. Dengan tambahan 40 perguruan tinggi swasta di Jawa Timur ini, berarti metode basis data LPPM IPB University sudah dipelajari oleh 94 perguruan tinggi di Indonesia,” ujar Prof Agik.

“Di samping itu, melalui perancangan basis data yang baik sangat dimungkinkan perguruan tinggi tersebut mampu mencapai peningkatan kinerja PPM dengan baik,” ujar Triadiati. Kegiatan ini dinilai oleh pihak Ubaya berhasil dengam baik dan mampu memberikan inspirasi bagi peserta di Paguyuban PTS se-Jawa Timur. “Harapannya kerjasama yang baik ini terus dilakukan antara IPB University dengan Ubaya pada kegiatan PPM yang lain yang diawali dengan pengembangan kerjasama dalam bentuk memorandum of understanding (MoU) atau memorandum of agreement (MoA) dalam waktu dekat ini,” ungkap Dr Hazrul, Sekretaris LPPM Ubaya. (ASP/RA)

IPB Today

Unduh Berita

lppm

Leave a Reply

Close
Bahasa