LPPM IPB Selenggarakan Pelatihan Reviewer Penelitian Bersertifikat

LPPM IPB Selenggarakan Pelatihan Reviewer Penelitian Bersertifikat

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat IPB bekerjasama dengan Direktorat Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan, Pusat Pendidikan dan Pelatihan - KEMENRISTEKDIKTI, Reviewer Peneliti Nasional (RPN), Quantum HRM Internasional, dan Badan Standarisasi Nasional (BSN) menyelenggarakan pelatihan reviewer penelitian bersertifikat pada tanggal 22 – 25 Agustus 2017 di PKSPL LPPM IPB, Kampus IPB Baranangsiang. Pelatihan tersebut diikuti oleh sebanyak 48 dosen peneliti IPB yang telah memiliki pengalaman menjadi reviewer internal IPB. Narasumber yang dihadirkan dalam pelatihan merupakan pakar yang kompeten yang ditunjuk oleh IPB dan Direktorat Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan KEMENRISTEKDIKTI yang berasal dari IPB, KEMENRISTEKDIKTI, KEMENKEU, BSN, LKPP dan LSP Quantum. Dua dari narasumber yang hadir diantaranya adalah Dirjen Penguatan Riset dan Pengembangan (Dr. Muhammad Dimyati) dan Direktur Riset dan Pengabdian Masyarakat KEMENRISTEKDIKTI (Prof. Dr. Ocky Karna Radjasa, MSc).

 

Kepala LPPM IPB (Dr. Prastowo, M.Eng) dalam sambutannya menyampaikan, semenjak digulirkannya paradigma dan sistem penelitian dari berbasis proses menjadi berbasis output, IPB melalui LPPM IPB telah melakukan beberapa hal untuk menyongsong sistem yang baru tersebut. Pertama yaitu sinkronisasi pedoman penelitian internal IPB dengan skema penelitian yang baru yang mulai diberlakukan pada tahun 2017 dan sosialisasi laporan pertanggungjawaban keuangan yang telah dilakukan oleh LPPM IPB pada tanggal 1 Agustus 2017. Salah satu upaya lain yang dilakukan oleh LPPM IPB untuk meningkatkan kualitas maupun kuantitas dari output penelitian adalah dengan penyelenggaraan pelatihan reviewer penelitian bersertifikat.

Dirjen Penguatan Riset dan Pengembangan (Dr. Muhammad Dimyati) menegaskan, IPB merupakan salah satu Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTNBH) yang berhasil secara cepat mengkonsolidasikan dirinya untuk bisa menyelenggarakan pelatihan reviewer pertama kali di lingkungan KEMENRISTEKDIKTI. “Lulusan pelatihan ini diharapkan bisa menjadi reviewer internasional sehingga pelaksanaaannya harus diikuti sesuai SOP LSP Quantum” tambah Dr. Muhammad Dimyati.

Dengan materi pelatihan yang komprehensif mengarah pada standar SNI ISO/IEC17024: 2012, maka Pelatihan ini diharapkan dapat menghasilkan reviewer penelitian yang jujur dan profesional dalam menilai kelayakan proposal penelitian dan keluaran penelitian.

Download : PDF

lppm

Leave a Reply

Close