LPPM IPB Selenggarakan Pelatihan Kelayakan Etik Penelitian yang Melibatkan Manusia

LPPM IPB Selenggarakan Pelatihan Kelayakan Etik Penelitian yang Melibatkan Manusia

Komisi Etik Penelitian yang Melibatkan Subyek Manusia (KEPMSM) LPPM IPB menyelenggarakan acara Pelatihan Kelayakan Etik Penelitian yang Melibatkan Manusia yang berlangsung selama dua hari yaitu Rabu – Kamis, 22 – 23 November 2017 di Ruang Senat Akademik IPB, Kampus IPB Dramaga Bogor. Pelatihan tersebut dihadiri oleh Wakil Kepala LPPM IPB Bidang Penelitian (Prof. Dr. drh. Agik Suprayogi, MSc.Agr), Sekretaris LPPM IPB (Dr. Ir. Agus Oman Sudrajar, MSc), Ketua KEPMSM (Prof. Dr. Ir. Evy Damayanthi, MS), Tim KEPMSM dan diikuti oleh sebanyak 23 peserta yang terdiri dari dosen peneliti IPB . Narasumber yang dihadirkan oleh KEPMSM merupakan para pakar dari IPB yang memiliki kompetensi di bidangnya.

Sebagai institusi yang memiliki visi untuk menjadi universitas riset berkelas dunia, penelitian terkait pertanian, pangan, gizi dan kesehatan di lingkungan IPB harus memiliki akurasi, validitas, dan terstandarisasi  serta  tersertifikasi  dengan  tata  cara  dan  prosedur  yang  bermutu.  Prof. Evy Damayanthi dalam sambutannya menyampaikan ada 3 tujuan pembentukan komisi etik penelitian IPB yaitu menjamin mutu penelitian, menaikkan tingkat apresiasi normatif dari komunitas ilmiah dalam penelitian yang dilakukan dan membantu peneliti dalam publikasi.

Dengan dilaksanakannya pelatihan tersebut, harapannya dapat memudahkan para dosen dan mahasiswa IPB dalam menyusun   panduan  untuk  pengajuan persetujuan etika (ethical clearence).

Download PDF

lppm

Leave a Reply

Close
Switch Language