LPPM IPB Selenggarakan Pelatihan Etika Penggunaan Hewan Coba untuk PPM

LPPM IPB Selenggarakan Pelatihan Etika Penggunaan Hewan Coba untuk PPM

Pada hari Selasa dan Rabu tanggal 22 – 23 Oktober 2019, Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat IPB menyelenggarakan Pelatihan Etika Penggunaan Hewan Coba untuk kegiatan Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (PPM) dengan tema “Current Experimental Design, Ethical Committee and Alternative Method”. Acara yang diselenggarakan di Pakuan MEETING Room, Whiz Prime Hotel Padjajaran, Bogor dihadiri Wakil Kepala LPPM IPB Bidang Penelitian (Prof. Dr. Agik Suprayogi), Ketua Komisi Etik Hewan IPB (Prof. Dondin Sajuthi, PhD), Para Narasumber dari IPB yaitu drh. Huda S. Darusman, drh. Silvia Arin Prabandari, Prof. Dr. Ekowati Handharyani, Prof. Dr. Dewi Apri Astuti, drh. Arni Diana Fitri, Narasumber dari luar IPB yaitu Prof. James Koudy Williams, DVM (Wake Forest University (WFU)), Prof. Jann Hau, Dr. Med (University of Copenhagen) dan peserta pelatihan sebanyak 49 orang yang terdiri atas mahasiswa, peneliti dan dosen yang berasal dari perguruan tinggi dan instansi pemerintahan lainnya.

Kegiatan pelatihan tersebut dilaksanakan dengan tujuan mengkaji dan memberi rekomendasi atas kajian etik penggunaan hewan coba serta berupaya meningkatkan kesadaran para dosen/peneliti atas etika penggunaan hewan coba. Prof. Agik dalam sambutannya menyampaikan, Komite Etik Hewan (KEH) LPPM IPB telah berdiri sejak tahun 2015, bertugas utamanya adalah untuk menopang penjaminan mutu kegiatan PPM di IPB dan melayani kegiatan PPM di luar IPB. “Hampir disetiap perguruan tinggi di Indonesia masih rendah kesadaran atas etika penggunaan hewan coba, hal ini dapat di maklumi mengingat pemahaman atas Kesejahteraan Hewan pun dapat diperkirakan baru 10 tahun yang lalu. Mengingat hal tersebut LPPM IPB sangat penting menyelenggarakan kegiatan pelatihan ini dengan tujuan utamanya adalah membangun kesadaran kajian etik penggunaan hewan coba dalam kegiatan PPM bagi dosen/peneliti di IPB sendiri. Disamping itu pelatihan ini juga diharapkan mampu meningkatkan kemampuan teknis penanganan hewan coba dan proses pengajuan kajian etik di LPPM IPB” Ujar Prof. Agik.

Beliau kemudian menambahkan, Pelatihan dengan menghadirkan narasumber yang kompeten diantaranya adalah Prof. Dr. Jann Hau (Denmark) dan Prof. James Koudy Williams (USA) sebagai narasumber pelatihan ini menjadi berkualitas dan diharapkan para peserta dapat mendapatkan pengetahuan yang terkini dan mutakhir terkait penggunaan hewan coba.

Acara dilaksanakan dengan dilakukannya pemaparan materi oleh para narasumber dan sesi diskusi yang membuka kesempatan bagi para peserta pelatihan untuk memberikan pertanyaan terkait materi yang telah disampaikan.

Unduh Berita

lppm

Leave a Reply

Close
Bahasa