LPPM IPB Peringati Hari Pangan Sedunia ke-37 Tingkat Provinsi Jawa Barat

LPPM IPB Peringati Hari Pangan Sedunia ke-37 Tingkat Provinsi Jawa Barat

Peringatan Hari Pangan Sedunia ke-37 Tingkat Provinsi Jawa Barat dengan tema “Bersama Generasi Muda Membangun Ketahanan Pangan yang Berkelanjutan" berlangsung di Stadion Pakansari, Kabupaten Bogor yang dilaksanakan pada tanggal 9 s.d 11 November 2017. Dalam pelaksanaan acara tersebut, Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) IPB bersama Pusat Kajian Hortikultura Tropika LPPM IPB berkontribusi dengan menghadirkan hasil-hasil inovasi IPB. Acara yang dihadiri oleh Gubernur Jawa Barat Dr. Ir. Ahmad Heryawan (Aher) dan diikuti oleh seluruh Dinas di Provinsi Jawa barat yang fokus di bidang pertanian dan pangan tersebut menampilkan berbagai macam produk pangan unggulan dari seluruh Kabupaten dan Kota di Jawa Barat. Kabupaten Bogor dipilih menjadi lokasi acara tersebut lantaran dinilai memiliki kontribusi besar dalam sektor pangan di Jabar.

Gubenur Jawa Barat dalam sambutannya menyampaikan  sejumlah keunggulan pangan terdapat di Jawa Barat meskipun area sawahnya lebih sedikit dibanding Jawa Timur atau Jawa Tengah, namun memiliki produktivitas yang tinggi. Sekitar 40 jenis tanaman holtikultura dihasilkan di Jawa Barat, selain itu 70 persen komoditas teh nasional diproduksi di Jawa Barat. Dengan pencapaian tersebut, Dr. Aher mengajak masyarakat Jawa Barat untuk terus meningkatkan ketahanan pangan agar lebih baik. Demi menciptakan generasi cerdas, Dr. Aher mengajak generasi muda untuk melakukan keseimbangan dalam konsumsi pangan dengan mengurangi karbohidrat (nasi) dan perbanyak sayur dan buah. "Kita harus mengubah pola konsumsi pangan kita menjadi B2SA yaitu Beragam, Bergizi, Sehat dan Aman," lanjut Dr. Aher dalam sambutannya.

Sejalan dengan hal tersebut, Dosen peneliti IPB penemu beras analog IPB, Prof. Dr. Ir. Slamet Budijanto, M.Agr yang hadir sebagai narasumber dalam rangkaian acara Peringatan Hari Pangan Sedunia juga menyampaikan pentingnya optimalisasi sumberdaya alam indonesia dengan diversifikasi pangan. “Mengkonsumsi beragam sumber karbohidrat selain nasi sebagai sumber energi sangat penting bagi kesehatan tubuh” imbuh beliau.

Acara Hari Pangan Sedunia ke-37 Tingkat Provinsi Jawa Barat diresmikan dengan pemukulan kendang bersama oleh Gubernur Jawa Barat, didampingi oleh Anggota DPR RI Dapil Bogor, Kepala Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian RI,  Bupati Bogor, Muspida Bogor, dan Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Provinsi Jawa Barat.

Download : PDF

lppm

Leave a Reply

Close
Switch Language