LPPM IPB Peduli Korban Bencana Gempa Bumi di Lombok

LPPM IPB Peduli Korban Bencana Gempa Bumi di Lombok

Pada tanggal 13 Agustus 2018, Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) IPB melalui Pusat Studi Bencana LPPM IPB mengirimkan tim Quick Response dalam rangka menyalurkan bantuan untuk korban bencana gempa bumi yang menimpa Lombok pada tanggal 5 Agustus 2018 silam. Tim Quick Response ini dipimpin langsung oleh Kepala Pusat Studi Bencana LPPM IPB, Dr. Yonfitner, SPi., MSi.

Selain memberikan bantuan, Tim LPPM IPB juga melakukan pemetaan daerah terdampak bencana. Dr. Syamsul Bahri Agus dan Muhammad Baihaqi, M.Sc, dosen Fakultas Peternakan melakukan observasi dampak gempa terhadap peternak, areal Sekolah Peternakan Rakyat (SPR) serta kelompok peternak lainnya. Fika Hardini dari Klinik Gizi dan Kesejahteraan Keluarga LPPM melakukan observasi pada kelompok anak-anak dan ibu-ibu di wilayah terdampak.

Berdasarkan hasil pemantauan Tim LPPM IPB, gempa bumi di Lombok mengakibatkan hancurnya bangunan dan lumpuhnya aktivitas ekonomi masyarakat. Menurut salah satu warga desa Genggelang, banyak warga yang memilih mengungsi dibandingkan tetap tinggal di rumah. Walaupun rumah tidak terlalu parah kerusakannya tetapi penduduk tetap memilih untuk tinggal di posko karena masih takut akan terjadi gempa susulan. Dalam kondisi seperti ini juga sering terjadi mati listrik.

Bentuk bantuan yang diberikan oleh tim IPB yaitu bantuan berupa selimut, air minum, bubur bayi, popok bayi dan tikar. Masyarakat terdampak belum berani kembali ke rumah karena takut terjadi gempa susulan, sehingga masyarakat masih berharap adanya bantuan berupa tenda atau terpal. Dari observasi yang dilakukan, beberapa hal yang perlu diperhatikan diantaranya adalah upaya pemulihan masyarakat pasca gempa, sanitasi serta kesehatan.

Unduh Berita

lppm

Leave a Reply

Close
Bahasa