LPPM IPB Laksanakan Kegiatan Focus Group Discussion Isu Utama dan Strategis Sektor Peternakan

LPPM IPB Laksanakan Kegiatan Focus Group Discussion Isu Utama dan Strategis Sektor Peternakan

Kamis (17/5) Bidang Kajian Strategis dan Publikasi Ilmiah - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat IPB melaksanakan kegiatan Focus Group Discussion (FGD) bertemakan isu-isu utama dan strategis di sektor peternakan di Indonesia. Acara yang dilaksanakan di Ruang Sidang Alin Fakultas Peternakan IPB tersebut mengundang narasumber Prof. Dr. Ir. Muladno, MSA sebagai ahli peternakan dan Prof. drh. Bambang Purwantara, MSc.,PhD sebagai pakar kesehatan hewan. Bertindak sebagai pembahas adalah Prof. Dr. Ir. Luky Abdullah, MSc., Agr, Dr. Despal, S.Pt., MSc.Agr dan Dr. Ir. Idat Galih Permana, MSc. FGD ini dihadiri oleh Kepala Bidang Kajian Strategis LPPM IPB (Dr. Akhmad Faqih).

FGD

Dalam FGD tersebut, Prof Muladno menyampaikan perkembangan kegiatan peternakan di Indonesia dan pola pelaksanaan berbagai proyek pengembangan kegiatan pertanian di Kementerian Pertanian. Menurut beliau, membangun peternakan di Indonesia dapat dilakukan melalui pendekatan bottom up yang diawali dengan konsolidasi peternak. Saat ini, pendekatan model tersebut telah dikembangkan oleh IPB dibawah koordinasi LPPM dalam bentuk kegiatan Sekolah Peternakan Rakyat (SPR). SPR merupakan konsep konsolidasi peternak rakyat melalui jalur belajar bersama, berbisnis secara kolektif dan dalam satu pintu manajemen. Beliau menambahkan, dalam membangun SPR perlu adanya sinergi 4 sekawan yaitu kolaborasi antara perguruan tinggi, pemerintah kabupaten, mitra dan peternak untuk membangun sektor peternakan yang berdaulat di Indonesia.

Selain penjelasan dari narasumber, dilakukan diskusi dan tanya jawab seputar kebijakan pemerintah yang telah dilakukan selama ini dalam sektor peternakan. Harapannya, hasil diskusi yang telah dilakukan dapat menjadi masukan bagi rencana pembangunan sektor peternakan di period 2019 – 2014.

Unduh Berita

Latifah Rachman

Leave a Reply

Close
Bahasa