Kunjungan Lapang LPPM IPB ke Peternakan Sapi di Darwin, Australia

Kunjungan Lapang LPPM IPB ke Peternakan Sapi di Darwin, Australia

Kamis, 29 November 2018 Tim LPPM IPB yaitu Dr. Aji Hermawan (Kepala LPPM IPB), Prof. Sugeng Heri Suseno  (Wakil Kepala LPPM bidang Pengabdian kepada Masyarakat), Prof. M. Faiz Syuaib (Sekretaris LPPM) dan Prof. Muladno (Ketua Sekolah Peternakan Rakyat), serta Danang Aria Nugroho,S.E (staff LPPM IPB) melakukan kunjungan lapang ke stasiun pemasok sapi di Katherine, Darwin, Australia dengan di dampingi oleh Konsulat RI di Darwin (Muhammad Hanifa).

Kunjungan-Lapang-LPPM-IPB-ke-Peternakan-Sapi-di-Darwin-Australia-1

LPPM IPB melakukan kunjungan ke salah satu stasiun pemasok sapi ke Indonesia, yaitu Territory Station di Katherine sekitar 200 km dari kota Darwin, Australia. Area tersebut memiliki luas 400.000 hektar dengan populasi sapi sebanyak 20.000 ekor jenis Sapi Brahman. Tim LPPM diterima oleh general manager dan di dampingi oleh project manager Northern Territory Cattlemen's Association (NTCA). Tim LPPM IPB kemudian melakukan peninjauan lokasi pengembalaan sapi, tempat produksi HAY (pakan sapi awetan), lokasi workshop penyimpanan peralatan untuk menggiring sapi dari satu tempat ke tempat lain (salah satu alat yang digunakan berupa helikopter), kunjungan ke tempat tinggal pegawai, dan fasilitas sekolah untuk para anak pegawai juga disediakan serta mengunjungi kantor koperasi assosiasinya.

Dalam kegiatan tersebut juga dilakukan diskusi lapang. LPPM memandang bahwa, dalam konteks pembiakan sapi Darwin dianggap sudah cukup efisien karena sapi-sapi dilepas liar dengan didukung fasilitas yg sangat baik. Lokasi ini mempunyai peran penting dalam pemasukan sapi unggulan ke Indonesia untuk penggemukan. Sehingga kerjasama antara LPPM IPB melalui Program SPR dengan NTCA bisa di wujudukan dengan salah satu programnya adalah memberikan peternak yg tergabung dalam SPR untuk bisa berkunjung  dan diskusi lebih lanjut dengan tujuan untuk  menambah wawasan para peternak khususnya peternak SPR binaan LPPM IPB. (Dng)

Unduh Berita

lppm

Leave a Reply

Close
Bahasa