Kuliah Pembekalan Umum KKN-Tematik IPB tahun 2018

Kuliah Pembekalan Umum KKN-Tematik IPB tahun 2018

Sabtu (31/3), Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Institut Pertanian Bogor (IPB) mengadakan Kuliah Pembekalan Umum Kuliah Kerja Nyata (KKN) - Tematik IPB Tahun 2018 di Gedung Graha Widya Wisuda (GWW) Kampus IPB Dramaga Bogor. Acara tersebut dihadiri oleh Ketua Majelis Wali Amanat (MWA) IPB (Prof. Dr. M. Ahmad Chozin), Wakil Ketua Majelis Wali Amanat (MWA) IPB (Dr. Ahmad Mukhlis Yusuf), Rektor IPB (Dr. Arif Satria), Kepala LPPM IPB (Dr. Ir. Aji Hermawan, MM), Wakil Kepala LPPM IPB bidang Pengabdian Kepada Masyarakat (Dr. Ir. Hartoyo, MSc), Sekretaris LPPM IPB (Prof. Dr. Ir. M Faiz Syuaib, M.Agr), Para Dekan Fakultas, Tim Komisi KKN-T IPB, Para dosen pembimbing lapang, dan seluruh mahasiswa KKN-T 2018.

Kuliah Pembekalan Umum KKN-Tematik IPB tahun 2018
Kuliah Pembekalan Umum KKN-Tematik IPB tahun 2018
Kuliah Pembekalan Umum KKN-Tematik IPB tahun 2018

KKN-T IPB tahun 2018 yang mengusung tema “Pengintegrasian Pendidikan dan Pengabdian Kepada Masyarakat Dalam Pengarusutamaan Pertanian” dengan sub  tema “Pengembangan Pertanian Terpadu Berbasis Sumberdaya Wilayah dalam Meningkatkan Kemandirian Pangan, Ekonomi Wilayah dan Kelestarian Lingkungan” diikuti oleh sebanyak 2238 mahasiswa IPB yang melibatkan 132 Dosen Pembimbing Lapang dan 34 Koordinator lapang. Kegiatan KKN-T IPB 2018 dilaksanakan di 34 Kabupaten yang tersebar di 10 Provinsi.

Dalam sambutannya, Rektor IPB menyampaikan bahwa kegiatan KKN-T ini sangat penting dalam menunjang skill mahasiswa untuk memperoleh pekerjaan. Sekarang ini perusahaan multinasional sudah memperhitungkan pengalaman calon pelamar seperti sejauh mana calon tersebut dapat menggerakkan masyarakat. “Yang sekarang dibutuhkan dalam mencari pekerjaan atau berwirausaha adalah kombinasi kemampuan hard skill, soft skill dan karakter,” ujar Rektor.

Kepala LPPM IPB menjelaskan bahwa KKN-T merupakan suatu bentuk pendidikan dengan cara memberikan pengalaman belajar kepada mahasiswa untuk hidup di tengah masyarakat di luar kampus. Mahasiswa secara langsung bersama-sama masyarakat mengidentifikasi dan menangani masalah pertanian dan lingkungan serta masalah pembangunan lain yang dihadapi di daerah.

Dalam kuliah pembekalan KKN-T 2018, seluruh mahasiswa mendapatkan materi pembekalan dari Ketua Majelis Wali Amanat (MWA) IPB dengan tema “Urgensi KKN-T IPB tahun 2018”, Wakil Ketua MWA IPB swngan tema “Penguatan Cinta Kebangsaan”, dosen Departemen Sains Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat (Dr. Ninuk Purnaningsih) dengan mengusung tema, “Penyusunan Program Kerja Mahasiswa KKN-T IPB 2018” dan dosen Departemen Gizi Masyarakat (Dr. Rimbawan) dengan tema “Etika Mahasiswa di Masyarakat Lokasi KKN-T IPB 2018”.

Kegiatan KKNT IPB diharapkan dapat mengasah softskill kemitraan, kerjasama tim lintas bidang ilmu (lintas profesi) dan leadership mahasiswa dalam mengelola program pembangunan di wilayah perdesaan. Kegiatan KKNT IPB juga diharapkan menjadi kegiatan civitas akademika IPB dalam membantu memberikan solusi terhadap permasalahan masyarakat pedesaan yang dilakukan secara berkesinambungan sehingga memberikan manfaat yang optimal baik untuk masyarakat dan pemerintah daerah maupun bagi IPB sebagai lembaga pengemban Tridharma Perguruan Tinggi.

Download berita dalam PDF

lppm

Leave a Reply

Close
Bahasa