Kuliah Pembekalan Umum KKN-Tematik IPB tahun 2017

Kuliah Pembekalan Umum KKN-Tematik IPB tahun 2017

Institut Pertanian Bogor (IPB) sebagai Perguruan Tinggi yang memiliki berbagai disiplin ilmu dan inovasi teknologi pertanian, terpanggil untuk berperan aktif dalam meningkatkan pembangunan pertanian di Indonesia.  Sebagai salah satu kontribusi IPB untuk membangkitkan kembali pertanian di Indonesia, LPPM IPB melaksanakan program Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKNT) sebagai implementasi Tridharma Perguruan Tinggi.

Kuliah pembekalan umum KKNT IPB dilaksanakan pada tanggal 29 April 2017 di Gedung Graha Widya Wisuda, Auditorium Toyib Hadiwijaya, Auditorium Soemardi Sastrakusuma, dan Auditorium GMSK. Kuliah pembekalan diberikan oleh Dosen Pembimbing KKNT 2017 dengan materi yang disampaikan yaitu Penyusunan Program Kerja dan Etika Mahasiswa di Masyarakat lokasi Kuliah Kerja Nyata Tematik IPB Tahun 2017. Selanjutnya, pembekalan dan pengarahan KKNT tahun 2017 diberikan oleh Rektor IPB di Gedung Graha Widya Wisuda IPB yang dihadiri oleh Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan IPB (Prof. Dr. Ir. Yonny Koesmaryono, MS), Wakil Kepala LPPM IPB Bidang Pengabdian Kepada Masyarakat (Dr. Ir. Hartoyo, MSc.), Wakil Kepala LPPM IPB Bidang Penelitian (Prof. Dr. drh. Agik Suprayogi, MSc.,Agr), Ketua Komisi KKNT IPB (Dr. Iwan Prihantoro, S.Pt., M.Si.), perwakilan dosen pembimbing KKNT 2017 masing-masing fakultas dan seluruh mahasiswa IPB yang mengikuti program KKNT IPB 2017.

Tema KKNT IPB tahun 2017 adalah “Pengintegrasian Pendidikan dan Pengabdian Kepada Masyarakat Dalam Pengarusutamaan Pertanian” dengan sub  tema “Pengembangan Pertanian Terpadu Berbasis Sumberdaya Wilayah dalam Mewujudkan Kemandirian Pangan,Peningkatan Ekonomi Wilayah dan Kelestarian Lingkungan”. KKNT IPB tahun 2017 melibatkan sekitar 120 DPL (Dosen Pembimbing Lapang) dan diikuti oleh 1925 mahasiswa yang terdiri atas :

  1. 413 mahasiswa Fakultas Pertanian
  2. 196 mahasiswa Fakultas Peternakan
  3. 475 mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Manajemen
  4. 338 mahsiswa Fakultas Ekologi Manusia
  5. 13 mahasiswa Fakultas Kehutanan
  6. 4 mahasiswa Fakultas Teknologi Pertanian
  7. 78 mahasiswa Fakultas MIPA
  8. 408 Mahasiswa Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan.

Lokasi KKNT IPB 2017 tersebar di 5 Provinsi, 27 Kabupaten/Kota, 73 Kecamatan, 274 Desa, yaitu :

  1. Provinsi Jawa Barat (Kab. Bekasi, Kab. Karawang, Kab. Purwakarta, Kota Bogor, Kab Bogor, Kab Kuningan, Kab Garut, Kab Subang, Kab Sukabumi, Kab Bandung, Kab Majalengka, Kab Sumedang, Kab Indramayu)
  2. Provinsi Jawa Tengah (Kab. Banjarnegara, Kab Pekalongan, Kota Pekalongan, Kab. Tegal, Kab. Brebes, Kab. Jepara, Kab. Sukoharjo, Kab. Cilacap)
  3. Provinsi Banten  (Kab. Lebak, Kab Pandeglang, Kab Tangerang)
  4. Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Kabupaten Bangka, Kab. Belitung Timur)

Provinsi Gorontalo (Kab. Gorontalo)

Kegiatan KKNT IPB diharapkan dapat mengasah softskill kemitraan, kerjasama tim lintas bidang ilmu (lintas profesi) dan leadership mahasiswa dalam mengelola program pembangunan di wilayah perdesaan. Kegiatan KKNT IPB juga diharapkan menjadi kegiatan civitas akademika IPB dalam membantu memberikan solusi terhadap permasalahan masyarakat pedesaan yang dilakukan secara berkesinambungan sehingga memberikan manfaat yang optimal baik untuk masyarakat dan pemerintah daerah maupun bagi IPB sebagai lembaga pengemban Tridharma Perguruan Tinggi.

Download : PDF

lppm

Leave a Reply

Close