Kuliah Pembekalan Umum KKN-Tematik IPB tahun 2019

Kuliah Pembekalan Umum KKN-Tematik IPB tahun 2019

Sabtu (30/3), Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Institut Pertanian Bogor (IPB) melaksanakan Kuliah Pembekalan Umum Kuliah Kerja Nyata (KKN) - Tematik IPB Tahun 2019 di Gedung Graha Widya Wisuda (GWW) Kampus IPB Dramaga Bogor. Acara tersebut dihadiri oleh Rektor IPB (Dr. Arif Satria), Kepala LPPM IPB (Dr. Ir. Aji Hermawan, MM), Wakil Kepala LPPM IPB Bidang Pengabdian Kepada Masyarakat (Prof. Dr. Sugeng Heri Suseno), Wakil kepala LPPM IPB Bidang Penelitian (Prof. Dr. drh. Agik Suprayogi), Kepala Bidang KKN dan Pengabdian Mahasiswa (Dr. Ninuk Purnaningsih), Narasumber dari Direktorat Kemahasiswaan dan Pengembangan Karir (Dr. Rimbawan), Para Dekan Fakultas, Tim Komisi KKN-T IPB, para Dosen Pembimbing Lapang, Dosen Koordinator Wilayah, dan seluruh mahasiswa KKN-T 2019.

KKN-T IPB tahun 2019 yang mengusung tema “Optimalisasi Pemanfaatan Sumberdaya Alam Berbasis Wilayah dan Pemberdayaan Masyarakat untuk Meningkatkan Kemandirian Pangan, Peningkatan Ekonomi Wilayah, dan Kelestarian Lingkungan Menuju Era Industri 4.0” diikuti oleh sebanyak 2550 mahasiswa IPB yang melibatkan 262 Dosen Pembimbing Lapang dan 31 Koordinator lapang. Kegiatan KKN-T IPB 2019 dilaksanakan di 31 kota dan kabupaten yang tersebar di 12 Provinsi.

Dr. Aji menyampaikan kegiatan KKN IPB telah berkembang dari tahun 1970 sampai dengan tahun 2019, dan sejak tahun 2017 KKN-T bersifat wajib mandatori bagi mahasiswa. “Hingga saat ini kegiatan KKN-T diikuti oleh 9 fakultas di IPB, memang belum diikuti oleh semua fakultas namun tahun 2020 semua fakultas di IPB akan mengikuti kegiatan KKN” ujar Dr. Aji. Tujuan pelaksanaan kegiatan KKN-T IPB adalah membantu pemecahan masalah pertanian dalam arti luas yang ada di masyarakat dan bersinergi dengan kegiatan pembangunan yang sedang dilaksanakan oleh pemerintah daerah. Lebih lanjut Dr. Aji menyampaikan bahwa KKN-T IPB 2019 didesain sesuai dengan visi, misi, renstra, kompetensi dan IPTEK yang dimiliki IPB serta pelaksanaannya terintegrasi antar fakultas/departemen, multi dan interdisiplin antar profesi di IPB.

Dalam kuliah pembekalan KKN-T 2019, seluruh mahasiswa mendapatkan materi pembekalan dari Rektor IPB dengan tema “Membangun Socio-entrepreneurship Mahasiswa melalui KKN-T”, Wakil Kepala LPPM IPB Bidang Pengabdian kepada Masyarakat dengan tema “Konsep KKN-T IPB dalam Rangka Kinerja Pengabdian kepada Masyarakat”, Kepala Bidang KKN dan Pengabdian Mahasiswa dengan tema “Teknis Pelaksanaan KKN-T dan Penyusunan Program Kerja”, dan Dr. Rimbawan dengan tema “Etika Mahasiswa di Masyarakat Lokasi KKN-T serta Teknik Motivasi”.

Rektor IPB berharap dengan pelaksanaan kegiatan KKN-T 2019 mahasiswa dapat meningkatkan kompetensi hard skill, soft skill dan karakter, memahami cara berpikir dan bekerja interdisiplin dan kerjasama antar sektor, mampu bekerja secara sistematis, dapat memanfaatkan IPTEKS dalam pembangunan, mampu melaksanakan kedekatan sosial, dan dapat menjadi jembatan penghubung bagi perguruan tinggi, swasta dan pemerintah.

Unduh Berita

lppm

Leave a Reply

Close
Bahasa