Kuliah Pembekalan Potensi Wilayah KKN-Tematik IPB tahun 2018

Kuliah Pembekalan Potensi Wilayah KKN-Tematik IPB tahun 2018

Sebagai salah satu kontribusi IPB untuk membangkitkan kembali pertanian di Indonesia, LPPM IPB melaksanakan program Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKN-T) sebagai implementasi Tridharma Perguruan Tinggi. Pada tanggal 5 Mei 2018, LPPM IPB melaksanakan kegiatan kuliah pembekalan potensi wilayah di Kampus IPB Dramaga yang menghadirkan narasumber dari masing-masing kabupaten dan kota lokasi pelaksanaan KKN-T 2018.

Acara tersebut dihadiri oleh Kepala LPPM (Dr. Ir. Aji Hermawan, M.M), Wakil Kepala LPPM Bidang Penelitian (Prof. Dr. drh. Agik Suprayogi, M.Sc.,Agr), Wakil Kepala LPPM Bidang Pengabdian kepada Masyarakat (Prof. Dr. Sugeng Heri Suseno, S.Pi.,M.Si), Komisi KKN-T IPB, Komisi KKN-T Fakultas, Koordinator wilayah, Dosen Pembimbing Lapang (DPL), Pemda dan mahasiswa KKN-T 2018.

Kepala LPPM IPB menyampaikan kegiatan KKN-T merupakan suatu bentuk pengalaman belajar mahasiswa di tengah masyarakat. Dalam proses belajar tersebut, mahasiswa diharapkan mampu mengidentifikasi dan menangani masalah pertanian dan lingkungan serta masalah pembangunan lain yang dihadapi di daerah. Kepala LPPM IPB juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada Pemda yang telah bersedia menerima mahasiswa IPB untuk melaksanakan KKN-T di daerah yang dituju. Harapannya, mahasiswa dan masyarakat daerah dapat saling bekerjasama dalam memanjukan pertanian.

Materi pembekalan potensi wilayah KKN-T disampaikan oleh perwakilan dari masing-masing Pemda yang terbagi kedalam 27 kelas. Mahasiswa diberi pembekalan supaya memperoleh gambaran terkait potensi masing-masing wilayah yang dapat dikembangkan bersama oleh mahasiswa, masyarakat dan Pemda setempat.

Pada akhir acara, dilaksanakan penyerahan naskah MoU (oleh Rektor IPB) antara IPB dengan Pemerintah Kabupaten Rembang dan Kabupaten Wonogiri serta penandatanganan Surat Perjanjian Kerjasama antara Kabupaten Blora dengan FEM (oleh Dekan FEM).

Unduh Berita dalam PDF

lppm

Leave a Reply

Close
Switch Language