Kuliah Pembekalan Potensi Wilayah KKN-Tematik IPB tahun 2017

Kuliah Pembekalan Potensi Wilayah KKN-Tematik IPB tahun 2017

Sebagai salah satu kontribusi IPB untuk membangun pertanian di Indonesia, LPPM IPB melaksanakan program Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKNT) sebagai implementasi Tridharma Perguruan Tinggi. Kuliah Kerja Nyata Tematik Institut Pertanian Bogor (KKNT IPB) merupakan suatu bentuk pendidikan dengan cara memberikan pengalaman belajar kepada mahasiswa untuk hidup di tengah masyarakat di luar kampus, yang secara langsung bersama-sama masyarakat mengidentifikasi dan menangani masalah pertanian dan lingkungan serta masalah pembangunan lain yang dihadapi di daerah. Oleh sebab itu, pada tanggal 20 Mei 2017 dilaksanakan Kuliah Pembekalan Potensi Wilayah KKN-Tematik di 30 ruang kelas di beberapa fakultas di IPB kepada 1912 mahasiswa IPB yang mengikuti KKN-T 2017.

Kuliah pembekalan dihadiri oleh sebanyak 30 orang koordinator wilayah KKN-T, dosen pembimbing KKNT 2017 masing-masing fakultas dan perwakilan BAPPEDA dan Dinas yang berasal dari 28 Kabupaten dan 2 Kota lokasi pelaksanaan KKN-Tematik. Materi yang disampaikan dalam kuliah pembekalan tersebut yaitu :

  1. Potensi Wilayah (bio fisik, ekonomi, budaya, dan kesehatan masyarakat)
  2. Permasalahan pembangunan di daerah lokasi KKN-Tematik (pertanian, sosial dan ekonomi, dan sanitasi lingkungan)
  3. Program pembangunan yang sedang dan akan dilaksanakan oleh pemerintah daerah, termasuk program unggulan
  4. Hambatan dan kendala pembangunan di daerah
  5. Peran mahasiswa KKN-Tematik IPB yang diharapkan
  6. Tata laksana pembangunan dan OPD terkait dengan KKN-Tematik IPB 2017

Setelah pelaksanaan kuliah pembekalan potensi wilayah KKN-T, perwakilan BAPPEDA dan Dinas dari 28 Kabupaten dan 2 kota tesebut kemudian melakukan diskusi dengan Rektor IPB (Prof. Dr. Ir. Herry Suhardiyanto, M.Sc) di Ruang Sidang Rektor, Kampus IPB Dramaga. Diskusi dihadiri pula oleh Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan IPB (Prof. Dr. Ir. Yonny Koesmaryono, MS), Wakil Rektor Bidang Sarana dan Bisnis (Dr. Ir. Arif Imam Suroso, M.Sc), Wakil Kepala LPPM IPB Bidang Pengabdian Kepada Masyarakat (Dr. Ir. Hartoyo, MSc.), Ketua Komisi KKNT IPB (Dr. Iwan Prihantoro, S.Pt., M.Si.) dan seluruh Komisi KKN-T IPB 2017.

Dalam diskusi tersebut, Rektor IPB menyampaikan perlu adanya pembekalan terkait pengembangan potensi wilayah kepada seluruh mahasiswa KKN-Tematik IPB 2017 sebab hal itu berguna bagi mahasiswa untuk memperoleh informasi dan gambaran secara menyeluruh terkait potensi lokasi KKN-Tematik yang nanti akan ditempati. “IPB memandang penting adanya kerjasama antara IPB dengan Kabupaten, Kota maupun Provinsi karena mandat IPB yang harus ditunaikan adalah di bidang pertanian, kelautan, dan tropical bioscience yang semuanya terkait dengan potensi daerah. Tantangannya memang tidaklah mudah, sebab hal tersebut memerlukan koordinasi dan konsistensi. Oleh sebab itu kami berharap, alumni IPB tidak hanya unggul di bidang riset dan akademik, namun juga unggul dalam bidang pengabdian kepada masyarakat” jelas Rektor IPB.

Download : PDF

lppm

Leave a Reply

Close