Kuliah Pembekalan KKN Tematik Revolusi Mental tahun 2017

Kuliah Pembekalan KKN Tematik Revolusi Mental tahun 2017

Pokja Revolusi Mental Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK), Ahmad Mukhlis Yusuf memberikan kuliah pembekalan KKN Tematik Revolusi Mental pada hari Sabtu (8/7) di Auditorium GMSK, Fakultas Ekologi Manusia (FEMA), Kampus IPB Dramaga, Bogor.

Kegiatan yang bertujuan untuk memberikan pembekalan kepada seluruh mahasiswa IPB peserta KKN Tematik Revolusi Mental, dan untuk mengukur sejauh mana kesiapan mahasiswa untuk terjun langsung dalam pelaksanaan KKN Tematik Gerakan Nasional Revolusi Mental tahun 2017 ini dihadiri oleh Wakil Ketua LPPM IPB Bidang Pengabdian Kepada Masyarakat (Dr. Hartoyo), Ketua KKN Tematik IPB (Dr. Iwan Prihantoro), Wakil Ketua KKN Tematik IPB (Dr. Ninuk Purnaningsih), Ketua Koordinator KKN Tematik Host Fema (Dr. Istiqlaliyah Muflikhati), DPL Kabupaten Sukoharjo (Hanna Fitria N, S.Gz, M.Sc) DPL Kabupaten Cilacap (Dr. Naufal M Nurdin), serta DPL Kecamatan Sukamakmur Kabupaten Bogor (Dr. Sri Darwati).

Revolusi mental adalah gerakan untuk mengubah cara pikir, cara kerja, cara hidup dan sikap serta perilaku bangsa Indonesia yang mengacu nilai-nilai integritas, etos kerja dan gotong royong berdasarkan Pancasila yang berorientasi pada kemajuan, agar Indonesia menjadi negara yang maju, modern, makmur, sejahtera dan bermartabat. Revolusi Mental merupakan gerakan yang melibatkan seluruh komponen bangsa dengan memperkuat peran nyata Penyelenggara Negara dan seluruh elemen masyarakat secara nasional. Unsur pelaksana gerakan ini setidaknya terdiri atas 4 (empat) pelaku utama yaitu Penyelenggara Negara (eksekutif egislatif yudikatif) baik pusat maupun daerah, dunia usaha, dunia pendidikan serta masyarakat. Gerakan Nasional Revolusi Mental memerlukan inisiatif semua unsur Penyelenggara Negara dan masyarakat untuk bersama-sama secara bergotong-royong mengubah keadaan bangsa menjadi lebih baik dan lebih maju sesuai harapan rakyat.

KKN Tematik Revolusi Mental IPB berfokus pada penyelenggaraan program KKN disetiap lokasi dengan tujuan khusus untuk mewujudkan Gerakan Indonesia Melayani, Gerakan Indonesia Bersih, Gerakan Indonesia Tertib, Gerakan Indonesia Mandiri, serta Gerakan Indonesia Bersatu yang berpegang teguh pada prinsip dasar yakni Integritas, Etos Kerja, dan Gotong Royong. Hal tersebut sejalan dengan Inpres No. 12 Tahun 2016 tentang Gerakan Nasional Revolusi Mental.

Kuliah pembekalan KKNT Revolusi Mental diikuti oleh sekitar 200 mahasiswa yang akan melaksanakan kegiatan KKN Tematik Revolusi Mental di tiga Kabupaten, yakni Kabupaten Sukoharjo, Kabupaten Cilacap, dan Kabupaten Bogor, dan terbagi di 40 Desa di beberapa kecamatan. Yakni, Kecamatan Nguter Kabupaten Sukoharjo; Kecamatan Nusawungu Kabupaten Cilacap; Kecamatan Tanjungsari, Cijeruk, Sukamakmur, Jasinga, Rumpin, dan Kecamatan Cigudeg Kabupaten Bogor.

Official Website : www.revolusimental.go.id
Email : revolusimental.kkntipb@gmail.com
Instagram : revolusiental.kkntipb
Twitter : @GenRMen
Facebook Fanpage : Revolusi Mental KKNT IPB
Youtube : Revolusi Mental KKNT IPB

lppm

Leave a Reply

Close