Kontes Ayam Pelung

Mama Djarkasih Cup

LPPM IPB bekerja sama dengan Himpunan Peternak dan Penggemar Ayam Pelung Indonesia (HIPPAPI)-Jawa Barat dan Jakarta Pelungers Urban (JPU) mengadakan Kontes ayam pelung tingkat nasional “Mama Djarkasih Cup” 2016 yang dilaksanakan pada hari Minggu, 7 Februari 2016 di Lapangan Kampus IPB Baranangsiang. Tujuan dari kegiatan ini adalah  menjaga plasma nutfah khususnya ayam pelung yang memiliki nilai ekonomis tinggi serta menghasilkan bibit ayam pelung berkualitas, dari segi suara, penampilan dan bobot badan.

Sejarah ayam pelung dimulai dari tahun 1850, dimana ayam pelung berasal dari Kec. Warung Kondang Kab. Cianjur yang ditemukan oleh Kyai Djarkasih atau Mama Djarkasih. Sehingga, untuk mengenang jasa beliau, diadakan kontes ayam pelung tingkat nasional. Kegiatan  ini sebagai ajang berkumpulnya para peternak ayam pelung dari berbagai daerah selain itu mencari dan menghasilkan ayam pelung berkualitas dari segi suara, penampilan maupun bobot yang akan meningkatkan nilai ekonomis.

Kegiatan kontes ayam pelung dinilai dari tiga kategori, yaitu suara, penampilan dan bobot badan. Kontes ini terbagi kedalam 5 babak, babak penyisihan pertama diikuti ± 300 peternak. Selanjutnya diambil 50 ekor ayam pelung yang masuk pada semi final. Sedangkan pada babak Final diambil 25 ekor ayam terbaik. Selain itu, untuk kategori penampilan dan kategori bobot badan diambil 3 ekor ayam pelung sebagai juara.

Hasil Kontes Ayam Pelung Tingkat Nasional Kategori Suara
Juara Nama Ayam Nama Pemilik Asal Daerah
1 Lodaya Markum Sukabumi
2 Ageng H. Uyung Garut
3 Rumingkang Saepul Bandung

 

Hasil Kontes Ayam Pelung Tingkat Nasional Kategori PenampilanP
Juara Nama Ayam Nama Pemilik Asal Daerah
1 Tegep Dadang Garut
2 Gurinda Sukandar Bandung
3 Sunyi H. Asep Bandung

 

Hasil Kontes Ayam Pelung Tingkat Nasional Kategori Bobot Badan
Juara Nama Ayam Nama Pemilik Asal Daerah
1 Bima (5.6 kg H. Djufri JPU
2 Rembo (5.5 kg) Iwan Kompakc Cikarang
3 Lodaya (5.4 kg) Markum Sukabumi

 

Juara Piala Bergilir "Surya Kencana"
Nama Ayam Nama Pemilik Asal Daerah
Lodaya Markum Sukabumi

 

Close