KKN-T CILAMAYA KULON-KARAWANG

Kuliah Kerja Nyata Tematik Institut Pertanian Bogor (KKNT IPB) merupakan suatu bentuk pendidikan dengan cara memberikan pengalaman belajar kepada mahasiswa untuk hidup di tengah masyarakat di luar kampus, yang secara langsung bersama-sama masyarakat mengidentifikasi dan menangani masalah pertanian dan lingkungan serta masalah pembangunan lain yang dihadapi di daerah. Kegiatan KKNT IPB diharapkan dapat mengasah softskill kemitraan, kerjasama tim lintas bidang ilmu (lintas profesi) dan leadership mahasiswa dalam mengelola program pembangunan di wilayah perdesaan. Kegiatan KKNT IPB juga diharapkan menjadi kegiatan civitas akademika IPB dalam membantu memberikan solusi terhadap permasalahan masyarakat pedesaan yang dilakukan secara berkesinambungan sehingga memberikan manfaat yang optimal baik untuk masyarakat dan pemerintah daerah maupun bagi IPB sebagai lembaga pengemban Tridharma Perguruan Tinggi.

Upaya peningkatan produksi pertanian, pendapatan dan kesejahteraan masyarakat bukan hanya tanggung jawab pemerintah, tetapi juga tanggung jawab seluruh masyarakat termasuk pergurunan tinggi. Institut Pertanian Bogor (IPB) sebagai lembaga pendidikan tinggi yang memiliki berbagai disiplin ilmu dan inovasi teknologi pertanian, terpanggil untuk berperan aktif dalam meningkatkan pembangunan pertanian di Indonesia. Sebagai salah satu kontribusi IPB untuk membangkitkan kembali pertanian di Indonesia, IPB melaksanakan program Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKNT) sebagai implementasi Tridharma Perguruan Tinggi.

LPPM-IPB sebagai lembaga pengabdian kepada masyarakat menjembatani kegiatan KKNT IPB antara mahasiswa, masyarakat dan pakar di bidanganya yang dibutuhkan di masing-masing lokasi KKNT IPB. Kegiatan kali ini dalam KKNT IPB adalah Kursus Tani Tingkat Kecanatan yang berlangsung di BP3K (Balai Penyuluhan Pertanian Perikanan dan Kehutanan) Kecamatan Cilamaya Kulon, Kabupaten Karawang pada tanggal 30 Agustus 2016. Kegiatan yang dihadiri oleh komisi KKNT IPB 2016  Dr. Titiek S. Yuliani beserta tim klinik pertanian bertema Tanah dan Tanaman Padi Sehat.

Kursus Tani Tingkat Kecamatan yang berlangsung pada 30 Agustus 2016 di BP3K Kecamatan Cilamaya Kulon, Kabupaten Karawang dengan tema Tanah dan Tanaman Padi Sehat disampaikan oleh Dr. Titiek S. Yuliani.

1

Kegiatan Kursus Tani dengan tema Tanah dan Tanaman Padi Sehat bertujuan meningkatkan wawasan pengetahuan, keterampilan dan partisipasi masyarakat, serta membina masyarakat dan kader pembangunan di wilayah KKNT, dengan harapan meningkatkan pengetahuan dan keterampilan kuantitas dan kualitas kader pembangunan yang dapat membantu masyarakat dalam memecahkan permasalahan pembangunan.

2

lppm

Leave a Reply

Close
Bahasa