Kerjasama LPPM-IPB dengan BAPPEDALITBANG Kabupaten Bogor dalam Pengembangan Program Simpul Kolaborasi Inovasi

Kerjasama LPPM-IPB dengan BAPPEDALITBANG Kabupaten Bogor dalam Pengembangan Program Simpul Kolaborasi Inovasi

Sebagai tindak lanjut rencana pengembangan program Simpul Kolaborasi Inovasi (CIC) LPPM-IPB dengan Kabupaten Bogor, Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pengembangan Daerah (BAPPEDALITBANG) Kabupaten Bogor mengundang LPPM IPB sebagai narasumber untuk menyampaikan implementasi program Simpul Kolaborasi Inovasi (CIC) LPPM-IPB dalam forum koordinasi jaringan penelitian yang dilaksanakan di Ruang Rapat BAPPEDALITBANG Kabupaten Bogor.

Kepala LPPM IPB menyampaikan program CIC dalam forum diskusi

Acara yang berlangsung pada Jumat 3 Maret 2017 dihadiri oleh Kepala LPPM IPB (Dr. Ir. Prastowo, M.Eng), Wakil Kepala LPPM IPB Bidang Penelitian (Prof. Dr. drh. Agik Suprayogi, M.Sc.,Agr), Sekretaris LPPM IPB (Dr. Ir. Agus Oman Sudrajat, M.Sc), Ahli Perikanan Budidaya dari IPB (Ir. Dadang Syafruddin, M.Si), Tim Peneliti Padi IPB (Dr. Abdul Khodir), dan Staff LPPM IPB (Danang Aria Nugroho, S.E). Pertemuan dipimpin dan dihadiri pula oleh Kepala BAPPEDALITBANG (Dr. Ir. Hj. Syarifah Sofia, M.Si), Kepala Bidang Penelitian dan Pengembangan BAPPEDALITBANG (Drs. Iskandar Zulkarnain, SE.,M.Si), Dinas-dinas terkait dan perwakilan dari Universitas di Bogor.

Salah satu misi pengembangan program CIC adalah menghadirkan inovasi IPB di sentra produksi pertanian khususnya di Kabupaten Bogor. Dalam hal ini, IPB memandang BAPPEDALITBANG Kabupaten Bogor sebagai mitra strategis dalam kerjasama untuk mewujudkan penerapan IPTEKS IPB oleh masyarakat dalam pembangunan sentra pertanian. Dalam forum diskusi yang berlangsung, Kepala LPPM IPB menjelaskan 2 (dua) fokus kegiatan CIC yang menjadi lokomotif inovasi untuk dikembangkan di Kabupaten Bogor yaitu pengembangan tanaman padi di Kecamatan Cariu dan Tanjungsari serta pengembangan sentra budidaya ikan mas di Kecamatan Parung. Bentuk rencana aksi yang akan dilakukan dalam pengembangan sentra padi diantaranya pengembangan Komunitas Estate Padi (KEP), penerapan teknologi IPB Prima, pengembangan benih padi IPB-3S, pengembangan industri & kemandirian benih kabupaten, penggunaan mesin tanam dan mesin panen, penanganan pasca panen dan pemasaran. Adapun rencana aksi yang akan dilakukan dalam pengembangan sentra budidaya ikan mas diantaranya kegiatan pembenihan ikan mas di Parung dan pengembangan sentra produksi benih ikan di Pamijahan dan Cibungbulang.

Melalui dua program yang menjadi lokomotif pengembangan CIC tersebut, diharapkan LPPM-IPB dan BAPPEDALITBANG Kabupaten Bogor dapat bekerjasama untuk membangun sistem produksi pertanian yang modern dan optimum sehingga mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat petani.

Download : PDF

lppm

Leave a Reply

Close
Bahasa