IPB Terjunkan 841 Mahasiswa Program KKP dan 244 Program GoField

IPB Terjunkan 841 Mahasiswa Program KKP dan 244 Program GoField

LPPMIPB Terjunkan 841 Mahasiswa Program KKP dan 244 Program GoField

Sebagai wujud keperdulian IPB terhadap permasalahan yang ada di tengah-tengah masyarakat sekaligus sebagai ajang untuk mempraktekan ilmu yang selama di didapat di bangku kuliah serta menerapkan berbagai teknologi tepat guna untuk masyakarat, pagi ini tanggal 24 Juni 2010 bertempat di lapangan upacara Gedung Andi Hakim Nasoetion dilakukan upacara penglepasan mahasiswa untuk mengikuti program Kuliah Kerja Profesi (KKP) dan Program GoField.
Dalam kesempatan tersebut Wakil Kepala LPPM IPB bidang Pengabdian kepada Masyarakat, Dr Prastowo, sekaligus sebagai ketua panitia menyampaikan laporan persiapan akhir yang telah dilakukan dan rencana keberangkatan mahasiswa ke lapangan.  Persiapan yang telah dilakukan meliputi koordinasi dengan Fakultas dan Departemen di lingkungan IPB dalam menyeleksi peserta, penetapan waktu, penempatan mahasiswa, koordinasi dengan berbagai PEMDA, perbekalan peserta dan supervisi.
Program KKP  akan dilaksanakan dalam dua gelombang, yaitu pada tanggal 24 Juni-19 Agustus 2010 untuk Fakultas Ekologi Manusia (FEMA) dan Fakultas Ekonomi dan Manajemen (FEM) dan elombang kedua 28 Juni 2010 - 21 Agustus 2010 untuk Mahasiswa dari Fakultas Pertanian.
Pada tahun 2010 ini IPB mengirimkan sebanyak 841 mahasiswa dari tiga Fakultas, yaitu Fakultas Pertanian, Fakultas Ekologi Manusia dan Fakultas Ekonomi dan Manajemen.  Kegiatan KKP ini akan dilakukan di 13 Kabupaten, 2 Propinsi, satu perusahaan dan juga di Kepulauan Seribu dan Kepulauan Karimun Jawa.  
Dalam pelaksanaan KKP mahasiswa dikelompokkan ke dalam 106 kelompok dan masing masing kelompok mendapatkan bantuan program sebesar Rp. 1-1,5 Juta Rupiah.
Program GoField IPB diluncurkan merupakan wujud keperdulian IPB dan Mahasiswa dalam membantu permasalahan yang ada di tengah tengah masyarakat.  Program ini merupakan program non SKS.  Minat mahasiswa IPB dalam mengikuti program ini meningkat dari 140 peserta pada tahun 2009 menjadi 244 pada tahun 2010 ini.  Peserta berasal dari semua Fakultas di lingkungan IPB.  Mahasiswa akan diterjunkan  di tujuh lokasi antara lain : GMP Lampung, Kabupaten Kediri, Kabupaten Brebes, Kabupaten Klaten, Indocement dan PTPN VII.  
Melalui program GoField ini akan diluncurkan 10 paket program, yaitu :
  1. Pengembangan Posdaya (Pos pemberdayaan keluarga)
  2. Pengelolaan sampah rumah tangga dan pembuatan pupuk organik
  3. Pembuatan biogas
  4. UKM pangan sehat, pengolahan panan sehat tepat guna sesuai potensi lokal
  5. Pengembangan TOGA (Tanaman obat keluarga)
  6. Pembenihan dan pendederan Ikan konsumsi dan ikan Hias
  7. Penghijauan lahan kritis dan pengembangan lubang resapan biopori
  8. Inventarisasi hama dan penyakit tanaman
  9. Program perusahaan
  10. Vaksnasi hewan
Dalam kesempatan ini Rektor IPB yang diwakili oleh Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Prof. Yonny Koesmaryono menekankan pentingnya profrsionalisme dan ketekunan dalam menjalankan program ini sebagai ajang persipan untuk terjun ke masyarakat setelah mahasiswa menyelesaikan kuliahnya.
Acara ini dihadiri pula oleh para Dekan, Kepala LPPM, Wakil Kepala LPPM Bidang Penelitian, Para Ketua Departemen, para pembina dan para undangan lainnya.
Dihapapkan melalui peluncuran dua program ini IPB dapat turut serta secara aktif berperan dalam membantu permasalahan yang sedang dihadapi oleh bangsa Indonesia melalui program aksi yang betul betul dibutuhkan oleh masyarakat, sekaligus sebagai wujud nyata pengabdian  kepada masyarakat.

lppm

Leave a Reply

Close
Bahasa