IPB Siap KKN Kebangsaan 2019 di Ternate dan Tidore

IPB Siap KKN Kebangsaan 2019 di Ternate dan Tidore

Pada tanggal 6-7 Maret 2019, Tim LPPM IPB yaitu Dr. Aji Hermawan (Kepala LPPM IPB) dan Prof. Dr. Sugeng Heri Suseno (Wakil Kepala LPPM IPB Bidang Pengabdian kepada Masyarakat) melaksanakan rapat koordinasi persiapan dan kunjungan lokasi KKN Kebangsaan Tahun 2019 di Ternate dan Tidore. Hadir dalam acara tersebut Sekretaris Daerah Kota Ternate (M. Tauhid Soleman),  Sekretaris Daerah Tidore Kepulauan (Asrul Sani Soleman), Rektor Universitas Khairun (Prof. Dr. Husen Alting, SH, MH), Direktur Kemahasiswaan Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Belmawa) Kemenristekdikti (Dr. Didin Wahidin), Kelompok Kerja (Pokja) KKN dari Kemenristekdikti, dan peserta undangan yang terdiri atas Kepala LPPM atau pengelola KKN dari 43 Perguruan Tinggi di Indonesia yang tergabung dalam KKN Kebangsaan 2019 di Ternate dan Tidore.

Dalam acara rapat koordinasi, Pemerintah daerah Kota Ternate dan Tidore memaparkan potensi keunggulan lokal daerah Kota Ternate dan Kota Tidore Kepulauan. Terkait Panduan Operasional Baku (POB) KKN Kebangsaan dipaparkan oleh Tim teknis dari Dirjen Belmawa.

“Mahasiswa IPB siap berpartisipasi penuh dalam KKN Kebangsaan yang akan diselenggarakan dalam bulan Juli 2019 mendatang di Tidore Kepulauan” Demikian dikemukakan oleh Prof. Sugeng Heri Suseno dalam sela-sela kunjungan lokasi dan persiapan KKN Kebangsaan.

Pemilihan KKN di Ternate dan Tidore merupakan langkah yang tepat karena mahasiswa dapat belajar langsung soal kebangsaan dan cinta tanah air pada masyarakat Ternate dan Tidore. Sebagaimana diketahui, dalam sejarah,  Kesultanan Tidore yang meliputi Halmahera, Raja Ampat sampai Irian Barat waktu itu,  lebih memilih bergabung dengan NKRI,  meski sebenarnya memiliki pilihan untuk tetap merdeka menjadi kesultanan sendiri.  Tidore juga sempat menjadi ibukota pembebasan Irian Barat.  Tidak ada sabang sampai merauke tanpa Tidore, demikian ditegaskan oleh Bung Karno waktu itu.

“Wawasan nusantara yang tumbuh dari bumi yang kaya akan rempah-rempah ini diharapkan akan merasuk kepada para peserta KKN Kebangsaan dari IPB. Peserta KKN yang akan dipilih dari para aktivis kampus ini diharapkan dapat terilhami untuk menjadi pemimpin yang mencintai NKRI” Ujar Dr. Aji Hermawan, Kepala LPPM IPB. (Aji)

Unduh Berita

lppm

Leave a Reply

Close
Bahasa