IPB Sebagai Tuan Rumah Kick Off Kuliah Pembekalan KKN-T Infrastruktur Kementrian PUPR

IPB Sebagai Tuan Rumah Kick Off Kuliah Pembekalan KKN-T Infrastruktur Kementrian PUPR

Pada Kamis (16/05), Bertempat di Ruang Sidang Fakultas Teknologi Pertanian IPB, dilaksanakan Kick Off Kuliah Pembekalan KKN-Tematik Infrakstruktur yang diikuti oleh mahasiswa peserta KKN-T 2019 yang berasal dari Fateta, FEMA dan FEM. Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari penandatanganan MoU antara LPPM IPB dengan Kementrian PUPR pada tahun 2018. Hadir dalam acara ini Direktur Keterpaduan Infrastruktur Permukiman Dirjen Cipta Karya Kementrian PUPR, Ir. Edward Abdurrahman, MSc. beserta tim seknas KKN-T Kementrian PUPR,  Kepala Bidang KKN-T dan Pengabdian Mahasiswa LPPM IPB Dr Ninuk Purnaningsih, Korwil Pandeglang, Dr. Yudi Chadirin serta para dosen pembimbing lapang.

Dalam sambutannya Ir Edward Abdurrahman, MSc. selaku Direktur Keterpaduan Infrastuktur Permukiman Kementrian PUPR menyampaikan bahwa program KKN-Tematik Infraktruktur ini merupakan program kemitraan antara Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat dengan Perguruan Tinggi penyelenggara Kuliah Kerja Nyata dalam mendukung keberlanjutan pembangunan infrastruktur permukiman. Program ini dirancang dalam upaya mendorong keterlibatan perguruan tinggi dalam mewujudkan pembangunan yang berkelanjutan bidang infrastruktur permukiman mencakup sektor air minum perdesaan, sanitasi, pengembangan permukiman dan penataan bangunan dan lingkungan. Melalui program KKN-T ini mahasiswa dihadapkan pada tantangan untuk mencari ide-ide kreatif untuk mencari solusi permasalahan di lapangan. Selain itu mahasiswa diharapkan dapat membantu mensukseskan program pemerintah melalui peningkatan peran masyarakat dalam kegiatan KKN.

Pada kesempatan tersebut Dr. Ninuk Purnaningsih menjelaskan KKN-Tematik infraktruktur ini merupakan bagian dari program KKN-T 2019 yang diselenggarakan oleh LPPM IPB di 28 kota/kabupaten yang diikuti oleh 2550 mahasiswa IPB.  KKN-Tematik infrakstruktur ini akan dilaksanakan di 3 desa Kabupaten Pandeglang dengan mengambil topik sanitasi dan air bersih sesuai bidang garapan Fateta, papar Dr. Yudi Chadirin. Peserta KKN-Tematik infraktruktur ini diikuti oleh gabungan mahasiswa dari berbagi kompetensi diantaranya berasal dari Departemen Teknik Sipil dan Lingkungan (SIL), Departemen Sains Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat (SKPM), Departemen Ekonomi Sumberdaya Lingkungan (ESL), dan Sekolah Bisnis. Adapun yang bertindak sebagai host KKN-Tematik infrastruktur adalah Fakultas Teknologi Pertanian IPB. Selama KKN-T mahasiswa melaksanakan program-program KKN-T dan mengumpulkan data-data yang diperlukan terkait dengan tema KKN-T di bidang air bersih dan sanitasi. Nantinya dosen pembimbing lapang (DPL) bersama-sama mahasiswa dapat menuangkan hasil KKN-T ke dalam makalah yang disajikan dalam forum limiah seperti lokakarya atau seminar yang berisi rekomendasi program yang relevan dengan tupoksi Kementrian PUPR misalnya terkait dengan kelembagaan pamsimas ataupun sanimas agar peran masyrakat dalam pengelolaan aset pamsimas dan sanimas dapat ditingkatkan untuk keberlanjutan program. (YC/IDA)

Unduh Berita

lppm

Leave a Reply

Close
Bahasa