IPB Latih Masyarakat Meracik Bakso dan Nuget

IPB Latih Masyarakat Meracik Bakso dan Nuget

IPB Latih Masyarakat Meracik Bakso dan Nuget

 
IPB. (Foto : Ist).
IPB. (Foto : Ist).

BOGOR - Himpunan Mahasiswa Produksi Peternakan (Himaproter) Fakultas Peternakan bekerja sama dengan Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Institut Pertanian Bogor (LPPM-IPB) mengadakan pelatihan pengolahan ternak kepada masyarakat binaan LPPM IPB.
Kegiatan bertajuk  Pelatihan Pengolahan Pangan Asal Ternak  ini dilakukan di Bagian Teknologi Hasil Ternak Fakultas Peternakan di bawah bimbingan dosen yang berkeahlian di bidang Teknologi Hasil Ternak dan dihadiri oleh 27 ibu-ibu PKK dari 14 Desa Lingkar Kampus Binaan LPPM IPB.

Kepala Bagian Teknologi Hasil Ternak Departemen Ilmu Produksi dan Teknologi Peternakan, Rarah Ratih Adjie Maheswari, menyampaikan pelatihan itu terdiri dari beberapa pembuatan produk pangan mulai dari pembuatan produk olahan daging yang sudah umum dikenal yaitu bakso. Sampai dengan pembuatan nugget dan susu pasteurisasi aneka rasa. Tidak hanya membuat susu pasteurisasi, tetapi peserta pun melakukan pengemasan susu menjadi produk yang siap untuk dijual.

"Peserta sangat antusias mengikuti kegiatan ini, karena kebanyakan dari mereka tidak mengetahui mengenai cara pembuatan bakso, nugget dan susu pasteurisasi aneka rasa yang baik dan benar," ungkap Rarah, yang dilansir laman IPB (31/10/2011).

Dia pun mengaku bangga, sebab, merasa bisa berbagi ilmu yang sudah dipelajari baik saat kuliah maupun praktikum. Dia berharap, melalui kegiatan tersebut, masyarakat dapat mengetahui dan memahami cara-cara penanganan dan pengolahan daging dan susu yang baik dan benar, sehingga mampu menghasilkan produk dengan cita rasa yang bertambah tanpa mengurangi nilai gizinya.

"Selain itu diharapkan juga bahwa pandangan masyarakat mengenai dunia peternakan tidak lagi sempit," tandasnya. (rhs)
 
Sumber : OkeZone

lppm

Leave a Reply

Close
Bahasa