IPB Kenalkan 4 Instrumen Baru Pengelolaan Lingkungan Hidup

IPB Kenalkan 4 Instrumen Baru Pengelolaan Lingkungan Hidup

IPB Kenalkan 4 Instrumen Baru Pengelolaan Lingkungan Hidup

 
pplh

BOGOR - Pusat Penelitian Lingkungan Hidup (PPLH) Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Institut Pertanian Bogor (LPPM IPB), mengenalkan empat instrumen baru pengelolaan lingkungan hidup melalui seminar bertajuk "Mengakrabi Paradigma dan Instrumen Baru Pengelolaan Lingkungan Hidup".

Adapun keempat instrumen tersebut adalah ekonomi lingkungan, Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KLHS), audit lingkungan, dan analisis risiko lingkungan.

Seminar tersebut pun menghadirkan pembicara antara lain Asisten Deputi Urusan Ekonomi Lingkungan Kementerian Lingkungan Hidup-KLH Laksmi Dhewanthi, Direktur Fasilitas Penataan Ruang dan Lingkungan Hidup Kementerian Dalam Negeri Sofyan Bakar, Independent Environmental Services Proffessional, Auditor Lingkungan Hidup Rustiawan Anis, dan Asisten Deputi Urusan Kajian Dampak Lingkungan KLH Ary Sudijanto.

Kepala PPLH LPPM IPB Kukuh Murtilaksono mengatakan, keempat instrumen ini merupakan perangkat yang baru diintroduksi dalam tataran peraturan perundangan lingkungan. "Tampaknya akan menjadi perangkat pengelolaan lingkungan yang wajib dipatuhi," kata Kukuh yang dikutip laman IPB, Rabu (26/10/2011).

Lebih lanjut Kukuh menjelaskan, pemahaman akan keempat instrumen tersebut masih beragam. Hal ini karena belum ada petunjuk yang rinci tentang instrumen lingkungan yang baru tersebut.

"Atas dasar itulah maka kami mengadakan seminar ini yang bertujuan memperkenalkan keempat instrument baru tersebut, dan menjelaskan kepada stakeholders lingkungan langkah-langkah yang sedang ditempuh oleh pemerintah dalam penjabaran instrument lingkungan tersebut," Kukuh menegaskan.

Dia juga berharap, dengan adanya instrumen itu, masyarakat juga dapat berpartisipasi lebih aktif.(rhs)

 
Sumber : Okezone.com

lppm

Leave a Reply

Close
Bahasa