Ilmuwan Pecahkan Misteri Gerakan Sperma

Ilmuwan Pecahkan Misteri Gerakan Sperma

Ilmuwan Pecahkan Misteri Gerakan Sperma

(abcnews.com)

INILAH.COM, Jakarta- Ilmuwan Inggris berhasil membongkar satu misteri terlama di dunia soal kesuburan manusia. Pertanyaannya adalah mengapa sel sperma berperilaku seperti rudal kecil yang sibuk?.

Seperti dikutip dari ABC News, ilmuwan sejak 40 tahun lalu telah mengetahui bahwa sel sperma dalam satu tetes cairan akan cenderung berkumpul pada jarak tertentu dari permukaan saat cairan ini bertemu dengan obyek padat.

Saat ini, ahli matematika asal Inggris, Dr David Smith dan Professor John Blake dari University of Birmingham, berhasil menemukan jawabannya. Penelitian ini dipublikasikan di situs arXiv.org dan jurnal The Mathematical Scientist.

Ilmuwan mengatakan ada beberapa faktor yang saling terkait untuk mengakumulasi kondisi sperma di dekat permukaan. Salah satu faktornya adalah gaya dinamis dari cairan ini telah memaksa sel sperma menuju permukaan.

Fakor lain adalah adanya gerakan meronta-ronta dari ekor sperma (flagela) yang menyebabkan gerakan seperti berenang. Ini adalah tindakan yang dilakukan sperma untuk menuju permukaan.

Ketika para peneliti melakukan simulasi efek kekuatan sperma dalam jangka waktu yang panjang, mereka menemukan bahwa lintasan renang sperma akan cenderung berada di jarak tertentu.

“Kami memahami bahwa masalah dengan pergerakan sperma merupakan faktor utama yang berkaitan dengan kualitas sperma yang buruk serta jumlah sperma yang terbatas,” ujar ahli kesuburan asal Australia, Profesor Rob McLachlan.

Mr McLachlan mengatakan, meski temuan baru tidak mungkin berdampak langsung pada bagaimana infertilitas diperlakukan, pemahaman yang lebih baik tentang bagaimana sperma bergerak mungkin bermanfaat dalam jangka panjang.

"Memahami proses motilitas sperma normal akan membantu kita mengurai masalah motilitas pada pria tidak subur dan dampaknya pada praktek klinis di masa mendatang," katanya.

McLachlan mengatakan penemuan ini memang tidak langsung memberikan dampak mengenai pengobatan menyangkut kesuburan namun pemahaman mengenai bagaimana pergerakan sperma dapat memberikan keuntungan jangka panjang.[ito]

Sumber : Inilah.com

lppm

Leave a Reply

Close
Bahasa