[Call for Submisson] IDF2019 - Memanfaatkan Peluang Pekerjaan Masa Depan untuk Mendorong Pertumbuhan Inklusif

[Call for Submisson] IDF2019 – Memanfaatkan Peluang Pekerjaan Masa Depan untuk Mendorong Pertumbuhan Inklusif

idf2019

Tentang IDF

Diselenggarakan pertama kali pada 2017, Indonesia Development Forum (IDF) adalah konferensi internasional yang diselenggarakan oleh Bappenas. IDF menyediakan wadah bagi praktisi pembangunan di sektor publik, swasta, dan nirlaba untuk bertemu dan bertukar gagasan. Berbagai presentasi dari ahli dan praktisi yangmengangkat penelitian, wawasan, praktik cerdas dan pembelajaran, dari akar rumput sampai tingkat nasional, serta pengalaman internasional yang relevan bagi konteks Indonesia. Melalui berbagai sesi interaktif, forum ini mendorong pemikiran dan pendekatan baru dalam menghadapi berbagai tantangan pembangunan utama Indonesia.

IDF bertujuan untuk:

  • Mengumpulkan aktor-aktor pembangunan untuk menyusunagenda pembangunan Indonesia;
  • Mengomunikasikan hasil penelitian dan bukti atasberbagai tantangan pembangunan dan solusi-solusi apa saja yang efektif untuk mengatasinya;
  • Mendorong kolaborasi dalam mengatasi persoalan-persoalan pembangunan Indonesia yang paling mendesak.

IDF didukung oleh Pemerintah Australia melalui Knowledge Sector Initiative (KSI), serta mitra-mitra pembangunan lainnya.

Rancangan

Struktur IDF dirancang seputar empat ‘fase’: inspire, imagine, innovate, and initiate. Tiga fase pertama berlangsung selama dua hari forum. Setelah acara utama IDF, rangkaian lokakarya ‘initiate’ diselenggarakan untuk mengembangkan rekomendasi kebijakan konkret.

Sesi Inspire mengedepankan praktik-praktik terbaik dari Indonesia dan negara-negara lain. Sesi-sesi ini ditujukan untuk menampilkan berbagai pendekatan untuk mengatasi tantangan pembangunan yang sudah berjalan efektif. Narasumber dari berbagai wilayahdi Indonesia dan dunia akan memaparkan contoh-contoh kebijakan dan praktik yang efektif, berdasarkan penelitian dan bukti.

Sesi Imagine mendorong peserta untuk membayangkan suatu masa depan yang lebih inklusif, progresif dan berkelanjutan untuk Indonesia. Para pembicara akan mendorong peserta untuk membayangkan bagaimana Indonesia dapat bergerak menuju masa depan tersebut dan membahas bentuk-bentukkebijakan apa saja yang dibutuhkan untuk mencapainya.

Sesi Innovate menampilkan berbagai gagasan dan solusi baru untuk mengatasi tantangan-tantangan pembangunan Indonesia. Narasumber dari pemerintah pusat dan daerah, akar rumput dan organisasi masyarakat sipil, mitra pembangunan, dan sektor swasta akan menjelaskan berbagai pendekatan, layanan dan teknologi baru yang telah mereka kembangkan untuk memenuhi kebutuhan pembangunan atau mengatasi tantangan dengan lebih baik.

Sesi Initiate akan mengampu para pembuat kebijakan dan aktor pembangunan untuk merumuskan rencana aksi mereka, berdasarkan diskusi sepanjang forum. Gagasan-gagasan apa saja yang dapat digunakan pembuat kebijakan untuk menyusun rencana pembangunan nasional dan daerah? Inovasi apa saja yang dapat ditingkatkan skalanya atau direplikasi? Dan bagaimana para pemangku kepentingan dapat melanjutkan kerja sama untuk memenuhi komitmen-komitmen ini?

Call for Submission

Callfor-proposal-idf2019

Callfor-papers-idf2019

Callfor-pitches-idf2019

Callfor-kuis-idf2019

Callfor-a&c-idf2019

 

Informasi Selengkapnya

lppm

Leave a Reply

Close
Bahasa