Pizza dan Mi Jagung di Kantin IPB

Pizza dan Mi Jagung di Kantin IPB

ipb Pizza  dan Mi Jagung di Kantin IPB

JAKARTA - Kantin Zea Mays Institut Pertanian Bogor (IPB), mengeluarkan menu baru, Pizza Noodle. Petualang kuliner harus mencoba pizza yang satu ini.

Dengan merogoh kocek Rp25 ribu, kita sudah bisa menikmati pizza dengan topping mi jagung basah atau kering, pepperoni, saus tomat bumbu Italia dan keju Mozarela ini.

Menarik bukan? Tidak hanya pizza, Kantin Zea Mays IPB juga memperkenalkan berbagai menu baru berbahan dasar mi jagung. Laboratorium diversifikasi pangan IPB itu memang memiliki program mengembangkan berbagai bahan pangan selain beras.

Kepala Sub Direktorat Bisnis dan Kemitraan IPB Heri Ahmad Sukria menjelaskan, pengembangan varian makanan berbahan dasar mi jagung dilakukan sebagai bagian dari diseminasi teknologi mi jagung yang telah diperkenalkan oleh tim peneliti dari Departemen Ilmu dan Teknologi Pangan (ITP).

"Kantin Zea Mays kemudian memfasilitasi dari aspek produksi dan pemasaran mi jagung dengan varian menu yang kami tawarkan,” tutur Heri seperti dikutip dari keterangan tertulisnya kepada okezone, Jumat (23/12/2011).

Ketua Tim Peneliti Teknologi Mi Jagung Feri Kusnandar memaparkan, teknologi pembuatan mi jagung dikembangkan sejak 2005 lalu. Penelitian dilakukan dalam skala laboratorium, pilot plan, hingga skala industri.

Menurut Feri, saat ini penelitian telah memasuki tahap transfer teknologi kepada industri kecil dan membuat outlet pengembangan mi jagung, termasuk di kantin Zea Mays IPB. 

Saat ini, Feri hanya mensuplai bahan baku berupa mi jagung. Namun, dia berencana melatih pegawai kantin Zea Mays agar mampu memproduksi sendiri mi jagungnya.
 
"Pemasaran via kantin Zea Mays juga dilakukan untuk mempercepat diseminasi dan adopsi teknologi mi jagung oleh pelaku usaha," Feri mengimbuhkan.
 
Selain Pizza Noodle, menu mi jagung yang disediakan Zea Mays IPB adalah Noodle Nugget, Noodle Rollade, I Fu Mie, Noodle Basket & Curry Meatball, dan Noodle Green Mussie. Harga yang ditawarkan untuk menu-menu itu juga cukup terjangkau, kok. Mulai dari Rp3.000,- hingga Rp25 ribu.(rfa)

 
Sumber : Okezone

lppm

Leave a Reply

Close
Bahasa