HKTI INNOVATION AWARD 2018

HKTI INNOVATION AWARD 2018

HKTI Innovation Award 2018 (Dalam "Asian Agriculture & Food Forum" 28 Juni - 1 Juli 2018)

"Penghargaan Inovasi Himpunan Kerukunan Tani Indonesia 2018"

 

Yth. Bapak/Ibu/Saudara/Saudari/Pemuda/Pemuda Calon Peserta Penghargaan Inovasi HKTI 2018

HKTI INNOVATION AWARD 2018 diselenggarakan dalam rangka dan dalam momen ASIAN AGRICULTURE & FOOD FORUM (ASAFF) 2018 yang diselenggarakan oleh HKTI. ASAFF  mengangkat tema "Transforming Challenges Into Opportunties: Agricultural Innovation & Food Security." ASAFF berlangsung pada 28 Juni sampai 1 Juli 2018. Untuk itu kami mengundang kepada Pemuda/Pemudi, Saudara/Saudari, dan Bapak/Ibu yang terhormat untuk turut berpartisipasi dalam ajang penghargaan inovasi HKTI 2018 ini. Sebelum melakukan Pendaftaran, Peserta Penghargaan Inovasi perlu membaca dan menyimak PENGANTAR berikut ini.

Perhatian

Peserta Penghargaan Inovasi dapat melakukan pendaftarannya secara langsung melalui Formulir Pendaftaran Online atau Pengusul Peserta dapat melakukan pendaftaran untuk Peserta yang Anda usulkan; hal ini bisa dilakukan karena salah satu alasan ini yaitu Peserta Inovator-Entrepreneur tidak bisa mengakses Formulir Pendaftaran Online dan Pengusul sungguh mengetahui ada karya inovasi yang dihasilkan oleh Peserta, Petani, Komunitas Petani, atau Kelompok Tani tertentu.

Ruang Lingkup

Penghargaan Inovasi HKTI Tahun 2018 merupakan bentuk apresiasi inovasi kepada organisasi/tim/individu yang memiliki karya inovasi yang dihasilkan dalam kurun waktu lima tahun terakhir (2014-2018).

INOVASI merupakan keberhasilan secara sosial dan ekonomi karena diperkenalkannya cara baru atau kombinasi baru dari cara lama dalam mengubah input menjadi output sedemikian rupa sehingga dihasilkan perubahan besar dalam perbandingan antara nilai manfaat dan harga (nilai moneter) atau pengorbanan menurut persepsi konsumen dan/atau pengguna atau masyarakat pengguna. Definisi ini antara lain tercantum dalam buku Innovate We Can! (Fontana 2009, 2010, 2011, CIS). Dengan kata lain, INOVASI merupakan perubahan STRATEGIS dalam perbandingan antara NILAI manfaat dan nilai moneter yang berdampak secara EKONOMI dan SOSIAL. Model Sistematika Inovasi (CIS School of Innovation) menjadi acuan dalam mekanisme penilaian.

INOVASI harus ditandai oleh adanya KEBARUAN. Bahwa karya inovasi yang Anda hasilkan adalah baru DALAM NILAI MANFAAT YANG CIPTAKAN, yaitu belum pernah ada, SETIDAKNYA di lingkungan/perusahaan/unit kerja/komunitas/kelompok tani Anda sebelumnya, atau bahkan di lingkungan atau organisasi yang lebih luas lagi.

Selain itu INOVASI bisa pula ditandai dengan adanya kebaruan dalam arti adanya MODIFIKASI SIGNIFIKAN dari karya-karya atau produk-produk inovasi yang pernah Anda hasilkan atau yang pernah orang lain hasilkan.

Karya atau produk inovasi Anda bisa mencakup PRODUK (BARANG atau JASA), PROSES (keberhasilan tersebut diperoleh secara bertahap dalam rangkaian proses inovasi mulai dari penggalian ide inovasi, pemilihan ide, pengolahan ide menjadi barang atau jasa atau layanan, program kerja, sistem, desain, dll.), hingga penyebarannya kepada pengguna, baik pengguna final yang ada di lingkungan eksternal organisasi/masyarakat pengguna maupun pengguna yang ada di dalam lingkungan organisasi/perusahaan.

Ini adalah beberapa contoh jenis inovasi yang bisa terjadi di bidang pertanian:

  • INOVASI PRODUK merupakan inovasi barang atau jasa yang BARU dalam bidang pertanian atau merupakan hasil perbaikan SIGNIFIKAN dari yang sudah ada. Hal ini mencakup perbaikan-perbaikan dalam hal spesifikasi teknis, komponen dan material, perangkat lunak dalam sebuah produk, atau fitur-fitur fungsional yang menarik dan bermanfaat bagi pengguna serta mudah dalam penggunaannya.
  • INOVASI PROSES merupakan metode produksi pertanian atau metode distribusi hasil pertanian yang BARU atau perbaikan signifikan dari metode produksi atau metode distribusi yang sudah ada. Hal ini mencakup perubahan signifikan dalam teknologi, peralatan, dan/atau software/perangkat lunak terkait pertanian.
  • INOVASI PEMASARAN merupakan metode pemasaran hasil-hasil pertanian atau produk-produk terkait pertanian yang BARU yang mencakup perubahan SIGNIFIKAN dalam desain produk atau kemasan, atau penempatan produk, promosi produk, atau cara memberi harga terhadap produk pertanian atau hasil pertanian.
  • INOVASI ORGANISASI merupakan metode atau cara berorganisasi yang baru dalam praktik bisnis pertanian, organisasi/perusahaan yang mengelola hasil-hasil pertanian dengan cara moderen, atau melakukan kemitraan-kemitraan dengan pihak eksternal untuk meningkatkan hasil pertanian.
  • INOVASI SOSIAL merupakan bentuk-bentuk inovasi komunitas atau kemasyarakatan yang muncul oleh sekelompok komunitas tertentu atau individu untuk meningkatkan nilai manfaat sosial para pemangku kepentingan di bidang pertanian, utamanya petani.

Saudara/Saudari Pemuda/Pemudi, Bapak/Ibu Yth.

Bapak/Ibu/Saudara/Saudari Pemuda/Pemudi mungkin memiliki persepsi atau pengertian yang lain yang Bapak/Ibu/Saudara/Saudari anggap sebagai inovasi. Silakan mengajukan atau menjelaskan dalam formulir pendaftaran Anda.

Calon Peserta Penghargaan Inovasi ini telah mencapai setidaknya KINERJA TEKNIS, yaitu Peserta (Individu/Tim/Unit Kerja/Organisasi) telah berhasil mengubah ide kreatif dan/atau inovatif menjadi produk dalam bentuk prototipe barang atau jasa/layanan atau konsep Program Kerja, Sistem Kerja, Sistem Distribusi, Desain, Model Sistem Pertanian, Model Pendampingan Pertanian, dll.

Jika Calon Peserta/Pengusul Peserta merasa ragu bilamana karya inovasi tersebut masuk dalam kriteria tersebut maka kami menyarankan agar Calon Peserta/Pengusul Peserta tetap melakukan Pendaftaran dan kami akan melakukan verifikasi.

Calon Peserta/Pengusul Peserta pun dapat menghubungi Panitia a.n. Irene dengan HP 0811 8022 099 melalui pesan WA atau SMS dan kami akan membalas secepatnya.

Tujuan

  1. Memberi apresiasi kepada individu/satuan kerja/organisasi/komunitas/Kelompok Tani di Indonesia untuk apa yang telah dilakukan/disumbangkan untuk dunia pertanian baik di tingkat hulu maupun di tingkat hilir.
  2. Mendorong tumbuh dan kembangnya ekosistem inovasi pertanian yang kondusif dengan memperkuat kerja sama lintas fungsional, lintas-sektoral antar pelaku inovasi/pemangku kepentingan.
  3. Meningkatkan peran strategis SEKTOR PERTANIAN INDONESIA dalam pembangunan nasional dalam rangka menjamin ketahanan dan keamanan pangan.
  4. Memicu lahirnya inisiatif-inisiatif baru untuk menemukan atau menciptakan terobosan-terobosan solusi atas cara-cara lama yang tradisional yang mengakibatkan Indonesia masih mengandalkan produk-produk dari luar negeri. Dengan adanya proses transfer pengetahuan termasuk pengalaman secara regional dan internasional lewat ajang ASIAN AGRICULTURE & FOOD FORUM (ASAFF) 2018, kita boleh berharap munculnya inisiatif-inisiatif baru inovasi untuk pertanian Indonesia.

Peserta

Peserta merupakan organisasi/unit kerja/satuan/tim/kelompok/individu yang memiliki karya inovasi atau produk inovasi (termasuk dalam bentuk jasa atau bentuk lainnya) yang dihasilkan dalam lima tahun terakhir (2014-2018) yang memenuhi minimum satu kriterium yaitu kinerja teknis, bahwa idenya sudah diwujudkan, walau baru dalam bentuk prototipe.

  1. Peserta memiliki karya cipta dalam bentuk konsepsi (rencana program) hingga produk (barang/jasa) yang baru, baik dalam bentuk prototipe maupun sudah digunakan/disebarluaskan yang dihasilkan dalam lima tahun terakhir.
  2. Bila karya peserta dalam bentuk prototipe, prototipe tersebut berpotensi memberikan nilai manfaat kepada Perusahaan atau Sektor Pertanian atau Kelompok Tani, dan/atau masyarakat umum pemangku kepentingan sektor pertanian.
  3. Bila karya peserta dalam bentuk produk final (produk sudah disebarluaskan kepada para penggunanya), produk tersebut telah memberikan nilai manfaat kepada Perusahaan, Petani, dan/atau masyarakat umum pemangku kepentingan lainnya di bidang yang terkait dengan bidang pertanian.
  4. Peserta tinggal di Indonesia dan memiliki kartu identititas yang sah sebagai Peserta yang tinggal di Indonesia.
  5. Calon Peserta Penghargaan Inovasi ini bisa mendaftar langsung atau diusulkan oleh Pihak lain (Pengusul Peserta), didaftarkan oleh Pihak Lain.

Tahap Kegiatan

  1. Pendaftaran dan Penjaringan Peserta: 1 - 30 Mei 2018
  2. Seleksi Peserta (Presentasi & Wawancara Peserta Finalis): 1-20 Juni 2018
  3. Penganugerahan Penghargaan Inovasi dengan nilai total Rp300.000.000,-
  4. Penganugerahan Penghargaan Inovasi: 28 Juni - 1 Juli 2018
  5. Penghargaan Inovasi ini dikoordinatori oleh Avanti Fontana, Wakil Ketua Umum Bidang Inovasi HKTI.

Dewan Juri Penghargaan Inovasi HKTI terdiri dari berbagai pihak yang ahli dan berpengalaman dalam BIDANG INOVASI PERTANIAN dan akan memberi penilaian sesuai dengan bidang keahliannya. Dewan Juri akan berdiskusi untuk membahas hasil penilaian seluruh Peserta untuk menentukan Peserta-Peserta yang akan masuk sebagai Finalis dan memutuskan secara kolaboratif dan bertanggungjawab Peserta-Peserta yang akan memperoleh Penghargaan Inovasi HKTI 2018. Untuk itu, kami mengundang Bapak/Ibu/Saudara/Saudari Calon Peserta untuk melengkapi Formulir Pendaftaran ini.

Info selengkapnya : info@ciptainovasi.com
Sekretariat  : Sdri. Irene, HP 0811 8022 099 (WA/SMS)

Formulir Pendaftaran

*) Wajib

lppm

Leave a Reply

Close
Bahasa