Gerhana-Bulan Biru Langka di Tahun Baru

Gerhana-Bulan Biru Langka di Tahun Baru

Gerhana-Bulan Biru Langka di Tahun Baru

Malam tahun baru 2010 akan istimewa dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Pergantian tahun akan diwarnai munculnya bulan biru, juga akan terjadi gerhana.

Peristiwa ini dapat dinikmati seluruh masyarakat dunia, kecuali benua Amerika yang mengalami dua kali bulan purnama dalam satu bulan atau blue moon (bulan biru).

Diramalkan akan ada gerhana bulan sebagian pada malam pergantian tahun baru. Gerhana bulan ini tidak akan terlihat di utara dan selatan Amerika, tetapi akan jelas tampak di sebagian besar belahan bumi Eropa, Afrika dan Asia.

Peristiwa tersebut juga menjadi pertanda bulan purnama ke dua di Amerika Utara, yang disebut dengan bulan biru. Kecuali jika kondisi lingkungan atmosfer memberikan pengaruhnya, seperti debu yag tersebar dari gunung berapi, maka bulan tersebut tidak akan berwarna biru.

Meskipun gerhana bulan tersebut tidaklah terlihat di sebagian besar Amerika Utara, pemandangan luar biasa ini akan tetap bisa dinikmati dengan menggunakan perangkat lunak simulasi astronomi semacam Starry Night.

Pengamat langit bisa menggunakan perangkat lunak ini untuk melihat gerhana bulan dari titik manapun di bumi.

Dengan alat bantu inilah, gerhana bulan akan terlihat jelas di semua belahan bumi. Gerhana paling jelas akan terlihat di Eropa Barat dan Afrika Tengah.

Seiring dengan terbenamnya matahari di arah barat daya, bulan purnama akan muncul di belahan timur laut bumi. Pada pukul 18.17 waktu setempat, bulan akan masuk ke bagian tergelap bayangan bumi, disebut dengan umbra. Gerhana bulan maksimum adalah pada pukul 20.23, dan bulan akan meninggalkan umbra pada pukul 20.53. Sisa jejak terakhir bayangan akan hilang pada pukul 22.28.

Pengamat di bagian lain dunia harus melakukan penyesuaian dengan waktu lokal mereka. Warga Australia diperkirakan akan menangkap pandangan sekilas gerhana bulan tersebut sebelum bulan terbenam pada tanggal 1 Januari 2010. [ito]

Sumber :  http://www.inilah.com

lppm

Leave a Reply

Close
Bahasa