Presentasi Hasil Akhir Kegiatan SUIJI-SLP 2019

Presentasi Hasil Akhir Kegiatan SUIJI-SLP 2019

Minggu (10/3), LPPM IPB menyelenggarakan acara presentasi hasil akhir kegiatan SUIJI (Six University Initiative Japan – Indonesia) 2019 yang telah dilaksanakan oleh mahasiswa SUIJI dari 3 Perguruan Tinggi yaitu IPB, Kagawa University dan Kochi University.

Acara yang diselenggarakan di Ruang Sidang Senat Akademik, Kampus IPB Dramaga tersebut dihadiri oleh Rektor IPB (Dr. Arif Satria), Kepala LPPM IPB (Dr. Aji Hermawan), Wakil Kepala LPPM IPB Bidang Pengabdian kepada Masyarakat (Prof. Dr. Sugeng Heri Suseno), Dr. Shinto Wahyuning Ardie (Kepala Sub Direktorat Pelayanan Program Internasional), Dr. Ninuk Purnaningsih (Kepala Bidang Program Kuliah Kerja Nyata dan Pengabdian Mahasiswa LPPM), Dr. I Wayan Astika (Koordinator Mahasiswa SUIJI), Dr. Zaenal Abidin (Koordinator risk manajemen mahasiswa), Ir. Yannefri Bakhtiar, M.Si (Koordinator lapang Desa Sukawening), Prof. Hayakawa (Dosen Koordinator dari Kagawa University) dan Prof. Akaike (Dosen dari Kochi University), para tokoh masyarakat dari lokasi pelaksanaan SUIJI, dan seluruh mahasiswa SUIJI-SLP tahun 2019.

Dr. Arif Satria menyampaikan IPB memiliki komitmen untuk terus meningkatkan kualitas program internasional seperti kerjasama antara IPB dengan universitas di Jepang salah satunya dalam bentuk kegiatan SUIJI. “Kegiatan yg dilaksanakan selama beberapa hari ini saya rasa sebenarnya kurang cukup, akan tapi harapannya kegiatan ini bisa memberikan pemahaman bagi mahasiswa khususnya mahasiswa dari Jepang tentang situasi dan kondisi masyarakat pedesaan di Indonesia. Pemahaman ini sangat penting karena kehidupan masyarakat pedesaan di Jepang dan Indonesia sangat berbeda. Selain itu kegiatan ini juga diharapkan mampu menjalin kolaborasi dan networking yang kuat antara mahasiswa Jepang dan Indonesia”. Ujar Dr. Arif

Presentasi hasil akhir kegiatan SUIJI-SLP 2018 diawali dengan pemaparan kegiatan di lapang oleh mahasiswa SUIJI dari Desa Sukawening, Kelurahan Situgede, Kelurahan Bubulak dan diakhiri dengan Desa Neglasari. Pemaparan meliputi penayangan video aktivitas kegiatan lapang SUIJI yang dilaksanakan di masih-masing lokasi, presentasi oleh mahasiswa dan diskusi.

Dari kegiatan SUIJI-SLP, mahasiswa memperoleh banyak manfaat diantaranya mampu berinteraksi dan belajar secara langsung dengan masyarakat pedesaan, dapat saling mengenal budaya satu sama lain, menemukan berbagai potensi dan tantangan di tiap lokasi, dan memperoleh berbagai informasi terkait kehidupan sosial di lingkungan pedesaan.

Unduh Berita

lppm

Leave a Reply

Close
Bahasa