Festival Ayam Pelung Nasional 2016

Festival Ayam Pelung Nasional 2016

Sabtu, 17 September 2016 di Auditorium Jannes Humuntal Hutasoit (Auditorium JHH Fapet IPB) telah berlangsung kegiatan Seminar dan Lomba Judging Ayam Pelung. Acara ini sudah menjadi tradisi tahunan sejak tahun 1990-an. Kegiatan ini merupakan rangkaian kegiatan dari Festival Ayam Pelung Nasional tahun 2016.

Lembaga Penelitian dan Pegabdian kepada Masyarakat (LPPM-IPB) disini sebagai fasilitator untuk mewadahi kegiatan Himpunan Peternak dan Penggemar Ayam Pelung Indonesia (HIPPAPI) untuk mengadakan kontes ayam pelung tingkat nasional. LPPM IPB Bekerja sama dengan, Himaproter (Himpunan Mahasiswa Ilmu Produksi dan Teknologi Peternakan) IPB dan HIPPAPI  Bogor Raya. Acara ini dihadiri oleh Iyep Komala Spt MSi sebagai pengawas kegiatan, Prof. Ir. Sumiati, M.Sc. sebagai Wakil Dekan Fakultas Peternakan yang sekaligus membuka acara, Achmad Gita Raka sebagai Ketua Pelaksana dari Mahasiswa IPB. Adapun Seminar serta Judging Ayam diisi oleh pemateri Bapak Cecep dari HBR (HIPPAPI-Bogor Raya).

Pada Minggu, 18 September 2016 pelaksanaan Lomba Ayam Pelung di Lapangan IPB Baranangsiang, Bogor. Terdapat 250 peserta yang berasal dari seluruh wilayah Indonesia yang mengikuti festival ayam pelung tetsebut.Ada tiga kategori perlombaan dari Festival ayam pelung nasional. Diantaranya adalah kategori bobot tubuh ayam, suara, dan penampilan.

1

 

 

Berikut pemenang Kategori Penampilan

 No.     Nama Ayam  Nama Pemilik  Asal
1    Giler H.Uyung    Garut
2    Bima Lukman    JPU
3    Batara Arip    Bandung Barat

 

Berikut pemenang Kategori Bobot Badan

 No.     Nama Ayam  Nama Pemilik  Asal
1    Bohay Ahmad    Bandung
2    Tegep Dadang    Garut
3    Linglung Jajang    Cianjur

 

Berikut pemenang Kategori Suara

 No.     Nama Ayam  Nama Pemilik  Asal
1    Bakja- H.Ihsan    Garut
2    Kalingga- Agus    Cianjur
3    Lope H.Uyung    Garut
4    Gema Nayyara    JPU
5    Serang Ikin    Serang Banten
6    Pun Geulang Nawam    Bandung
7    Layung H.Uyung    Garut
8    Reklekok Beni    Banten
9    Sahabat Sahar    Cianjur
10    Manohara Deden Jimat    kab.Bandung Barat
11    Manja H.Asep    Bandung
12    Mulang Ade    Sukabumi
13    Babarwangi Ujang    JPU
14    Bintik Jijin    Cianjur
15    Giler H.Uyung    Garut
16    Anting Burhan    JPU
17    Baron Doni    Jakarta
18    Sadewa Yanto    Sukabumi
19    Gembang Juju Juhari    Sukabumi
20    Asih Yanto    Sukabumi

 

Bersamaan dengan Kontes ayam pelung pada Minggu, 18 September 2016 berlangsung juga Kontes Ayam Ketawa Nasional (KAKNAS) yang diselenggarakan oleh Kominfo Himpro Ornithologi dan Unggas Fakultas Kedokteran Hewan, IPB. Acara berlangsung dari pukul 06.00-21.00 WIB di Lapangan IPB Baranangsiang, Bogor. KAKNAS memperebutkan piala dari Kementarian Pertanian, Wali Kota Bogor, dan Rektor IPB.

2

 

Peserta KAKNAS ada sekitar 150 ayam ketawa dari berbagai wilayah di Indonesia yag ikut dalam kontes ini. Peserta yang hadir antara lain dari Jabodetabek, Lampung, Solo, Jogya, hingga asal ras ayam ketawa yaitu Makassar. Ada tiga kategori dalam KAKNAS 2016 yakni Disko, Dangdut, dan Slow. Dari tiga kategori ini dibedakan dengan durasi setiap ayam saat berkokok atau tertawa, disko dengan tempo cepat (8 ketukan), dangdut lebih lambat (6 ketukan), dan slow makin lambat (4 ketukan). Semakin lambat (slow), tentunya tingkat kesulitannya makin tinggi.

lppm

Leave a Reply

Close
Bahasa