Evaluasi KKN-T 2017 dan Rencana Tahun 2018 di Kota Pekalongan

Evaluasi KKN-T 2017 dan Rencana Tahun 2018 di Kota Pekalongan

Kamis (2/11) Tim Komisi KKN-T IPB yaitu Dr. Iwan Prihantoro (Ketua Komisi KKN-T IPB 2017), Dr. Ninuk Purnaningsih, dan Dr. Titiek Siti Yuliani melakukan kunjungan ke Kota Pekalongan dalam rangka evaluasi kegiatan KKN-T yang telah dilaksanakan mahasiswa IPB pada tanggal 17 Juli sampai dengan tanggal 26 Agustus 2017 di Kota Pekalongan. Diskusi tersebut dilaksanakan di Kantor BAPPEDA Kota Pekalongan bersama dengan kepala BAPPEDA Kota Pekalongan (Ir. Anita Heru Kusumorini, M.Sc).

Diskusi-Tim-Komisi-KKN-T-IPB-dengan-Kepala-BAPPEDA-Kota-Pekalongan

Berdasarkan hasil diskusi Tim Komisi KKN-T IPB dengan Kepala BAPPEDA Kota Pekalongan, salah satu permasalahan yang ditemukan di Kota Pekalongan adalah permasalahan naiknya air laut yang menggenangi daratan (Rob) dan pendangkalan sungai akibat limbah batik. Dampak dari Rob di Kota Pekalongan terasa setelah 10 tahun terakhir. Program pemerintah daerah setempat  lebih banyak pada penanggulangan Rob dengan cara peninggian jalan sehingga menyebabkan jalan menjadi lebih tinggi dibandingkan dengan rumah penduduk. Dengan kehadiran mahasiswa KKN-T di kota Pekalongan, Kepala BAPPEDA menyampaikan bahwa mahasiswa KKN-T IPB telah berhasil memetakan titik-titik Rob di 7 kelurahan di Kecamatan Bandengan. Pemetaan titik-titik Rob tersebut dianggap sangat membantu pemerintah dalam perencanaan wilayah Kota Pekalongan.

BAPPEDA Kota Pekalongan menyampaikan, salah satu kendala dalam kegiatan KKN-T 2017 di Kota Pekalongan adalah kendala waktu yang dihadapi dalam program Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) sebab program KRPL masih berjalan namun waktu KKN sudah selesai.

Untuk tahun 2018, fokus program yang akan digalakkan oleh pemerintah Kota Pekalongan lebih ke proses adaptasi Rob, bukan pada mitigasi. Adaptasi yang dimaksud adalah dengan mengalihfungsikan lahan pertanian yang terendam Rob menjadi lahan yang lebih bermanfaat seperti lahan budidaya ikan. Selain itu untuk program KRPL, rencananya kedepan akan dibuat sistem vertikultur. Oleh sebab itu, pemerintah Kota Pekalongan berharap IPB dapat menempatkan kembali mahasiswa KKN-T tahun 2018 di Kota Pekalongan untuk membantu program pemerintah tersebut. BAPPEDA Kota Pekalongan juga siap menerima kedatangan mahasiswa KKNT IPB untuk ditempatkan di 2 wilayah kecamatan di Pekalongan Utara dan Pekalongan Timur untuk membantu program pemerintah tahun 2018.

Download PDF

lppm

Leave a Reply

Close