Dosen Mengabdi IPB University Sosialisasikan Pemasaran UMKM Bawang Goreng

Dosen Mengabdi IPB University Sosialisasikan Pemasaran UMKM Bawang Goreng

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) IPB kembali mengadakan program dosen mengabdi didalam dan  diluar lingkar kampus. Kegiatan ini salah satunya dilakukan disekitar kampus Sekolah Vokasi IPB, yaitu di Kelurahan Cimahpar, Bogor Utara, Kota Bogor, yang merupakan bagian dalam lingkar kampus Institut Pertanian Bogor.

Dosen-Mengabdi-IPB-University-Sosialisasikan-Pemasaran-UMKM-Bawang-Goreng

Kegiatan sosialisasi (30/11) disampaikan oleh Dosen Sekolah Vokasi IPB Program Keahlian Manajemen Agribisnis yaitu Ir. HermawanWana, M.Sidan UdingSastrawan, SE, M.Si yang dilaksanakan di Sekretariat RW 09 Kelurahan Cimahpar. Kegiatan ini dihadiri oleh 15 orang para pemilik Usaha, Mikro, Kecil, dan menengah (UMKM) yang terdapat di wilayah memasarkan produknya. Untuk contoh kasus bawang goreng, pemilihan bawang yang tepat sejak awal akan memberikan hasil yang baik. “Sebagai informasi tambahan, bawang goreng yang berkualitas tidak hanya di pengaruhi oleh teknik pembuatannya saja. Namun ternyata bahan baku yang berupa bawang merah bisa menjadi penentu juga. Seperti yang terkenal bawang goreng asal palu yang kini merambah hingga negara tetangga, bawang merah yang di gunakan adalah janis bawang merah batu yang banyak terdapat disana. Sebagian dari kelebihannya adalah memiliki kadar air yang rendah sehingga setelah di goreng teksturnya menjadi sangat renyah. Lain lagi halnya dengan bawang merah asal jawa dan Thailand. Kelebihan yang dimiliki nya terletak dari rasa gurih setelah di goreng juga memiliki nilai lebih pada sisi tampilannya.” Jelas Ir. Hermawan

Lebih lanjut, dosen mengabdi menyampaikan perlunya mengenali lingkungan pemasaran, pemberian label dan merek produk, mengidentifikasi pangsa pasar, penetapan harga, dan tujuan produksi. Para peserta kegiatan sangat antusias dalam menyimak hasil pemaparan yang disampaikan, mereka aktif melakukan diskusi dan tanya jawab mengenai strategi pemasaran UMKM produknya. Selain itu,Ir. Hermawan juga menambahkan salah satu aplikasi APIK (Aplikasi Pencatatan Informasi Keuangan) yang dapat digunakan oleh pelaku usaha mikro perorangan dan pelaku usaha kecil sektor jasa, yang dapat diunduh dengan mudah melalui aplikasi smartphoneserta beberapa jaringan pelatihan dan permodalan terkait UMKM.

“Kami mengucapkan terimakasih kepada kampus IPB yang sudah berkenan memberikan banyak ilmu dan pengalamannya untuk wilayah cimahpar, semoga kegiatan ini dapat berlanjut dan bisa memperbaiki dan membangun masyarakat sekitar” Tutur Bapak Asep, selaku perwakilan dari Sekretaris Kelurahan Cimahpar dan bebrapa pengurus wilayah setempat yang juga turut mengikuti jalannya kegiatan dosen mengabdi ini.

Unduh berita

lppm

Leave a Reply

Close
Bahasa