Dosen Mengabdi IPB University Sosialisasikan Budidaya Domba dan Kambing di Kelurahan Cimahpar

Dosen Mengabdi IPB University Sosialisasikan Budidaya Domba dan Kambing di Kelurahan Cimahpar

Dalam rangka mensosialisasikan budidaya domba dan kambing di Kelurahan Cimahpar, IPB University mengadakan kegiatan dosen mengabdi yang diselenggarakan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) IPB University. Dosen yang ditugaskan dalam kegiatan ini yaitu Dr. Ir. Sri Rahayu, M.Si. Kegiatan ini dilakukan untuk pengabdian kepada masyarakat khususnya di Kelurahan Cimahpar, Kecamatan Bogor Utara, Kota Bogor. Kegiatan ini dilatarbelakangi karena adanya beberapa usaha peternak yang ada di Kelurahan Cimahpar dan belum pernah diadakannya sosialisasi mengenai peternakan.

Sosialisasi diselenggarakan di RW 03, 30 November 2019 dan kegiatan ini merupakan kegiatan pertama kali yang dilaksanakan dari LPPM IPB University. Pada kegiatan pendampingan, peserta yang hadir dalam kegiatan tersebut sebanyak 8 orang yang terdiri atas pelaku budidaya ternak kambing dan domba. Materi yang disampaikan oleh Dr. Sri Rahayuyaitu mengenai prasarana dan sarana budidaya ternak kambing dan domba, tata laksana pengembakbiakan atau pembibitan dan kesehatan hewan.

Dosen-Mengabdi-IPB-University-Sosialisasikan-Budidaya-Domba-dan-Kambing-di-Kelurahan-Cimahpar

“Kelurahan Cimahpar merupakan wilayah yang memiliki populasi peternaknya relatif banyak dibandingkan kelurahan yg lain. Berdasarkan survey yang telah dilakukan budidaya yang dilakukan sudah baik hanya saja belum memperhatikan kebersihan dan manajemen perkandangan. Harapan Saya, melalui dosen mengabdi populasi peternak di wilayah pinggiran kota dapat meningkat dan peternak yang sudah ada mampu meningkat produktifitasnya,” ujarnya.

Ia juga mengapresiasi kelompok peternak yang ada di Kelurahan Cimahpar karena setiap tahunnya mengikuti bursa penjualan ternak dan kambing di Pusat Penelitian dan Pengembangan Peternakan. Salah satu peternak, Pak Didin mengucapkan terima kasih kepada LPPM yang telah memberikan kesempatan kepada RW 03 untuk diadakannya sosialisasi budidaya kambing dan domba. “Alhamdulillah dengan terlaksananya kegiatan sosialisasi budidaya kambing dan domba kami disini mendapat wawasan baru dan semoga dapat kami terapkan,” tuturnya.

Selain meningkatkan wawasan mengenai domba dan kambing, harapannuya kegiatan ini dapat berlanjut agar dapat memberikan kontribusi untuk meningkatkan produktivitasnya. Kegiatan ditutup dengan pembagian souvenir yang berupa inovasi-inovasi dari IPB University seperti permen cajuput dan gula aren semut serbuk.

Unduh Berita

lppm

Leave a Reply

Close
Bahasa