Dosen IPB University Dampingi Kelompok Wanita Tani Cimahpar dalam Penanganan dan Pengolahan Daging

Dosen IPB University Dampingi Kelompok Wanita Tani Cimahpar dalam Penanganan dan Pengolahan Daging

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) IPB University telah mengirimkan beberapa dosen ke berbagai wilayah yang ada di Bogor maupun luar Bogor. Salah satu wilayah yang menjadi sasaran untuk dosen mengabdi yaitu di Kelurahan Cimahpar, Kecamatan Bogor Utara, Kota Bogor. Dosen mengabdi merupakan salah satu kegiatan dalam pengabdian kepada masyarakat untuk mengembangkan dan penerapan ilmu pengetahuan untuk kesejahteraan bangsa.

Tema yang diusung pada kegiatan ini adalah Penanganan dan Pengolahan Daging dengan metode pendampingan secara langsung. Dosen tersebut yaitu Dr. Ir. Komariah, M.Si. Pendampingan yang dilakukan oleh Dr. Komariah yaitu sosalisasi mengenai penanganan dan pengolahan daging menjadi bakso dan nugget.Sosialisasi diselenggarakan di Posyandu RW 05, 29 November 2019 dan kegiatan ini merupakan kegiatan pertama kali yang dilaksanakan dari LPPM IPB University. Pada kegiatan pendampingan, peserta yang hadir dalam kegiatan tersebut sebanyak 18 orang yang terdiri atas Kelompok Wanita Tani (KWT) dan ibu rumah tangga.

Dosen-IPB-University-Dampingi-Kelompok-Wanita-Tani-Cimahpar-dalam-Penanganan-dan-Pengolahan-Daging

“Kelompok Wanita Tani (KWT) merupakan aset dalam penyediaan pangan keluarga yang bermutu tinggi, karena perannya dalam rumah tangga. Harapannya yaitu dapat meningkatkan asupan gizi keluarga melalui olahan yang bermutu tinggi dan mudah dilakukan serta dapat menjadi sumber penghasilan tambahan dalam keluarga melalui usaha olahan daging,” tutur Dr. Komariah

Salah satu kader KWT, Mulyaningsih menyampaikan rasa terima kasih atas kesempatan yang diberikan pihak LPPM untuk mendampingi ibu- ibu rumah tangga dalam penanganan dan pengelohan daging. “Alhamdulillah dengan adanya kegiatan dosen mengabdi saya dan warga Cimahpar khususnya RW 05 merasa senang karena mendapat ilmu yang pada awalnya tidak tahu menjadi tahu dan akan mencoba nya di rumah. Ilmunya bermanfaat sekali, semoga apa yang di berikan fasilitator dan dosen dapat bermanfaat bagi warga Cimahpar,” ujarnya

Selain dapat meningkatkan wawasan mengenai penanganan dan pengolahan daging, harapannya materi yang telah disampaikan dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari dan dapat menjadi sumber penghasilan tambahan dalam keluarga. Kegiatan ini ditutup dengan pembagian souvenir berupa inovasi-inovasi seperti benih matahari BM1, benih cabai Syakira, benih mentimun Marhamah dan benih terong Talang.

Unduh Berita

lppm

Leave a Reply

Close
Bahasa