Dialog Jumat Keliling oleh LPPM IPB di Desa Cikarawang, Kab. Bogor

Dialog Jumat Keliling oleh LPPM IPB di Desa Cikarawang, Kab. Bogor

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) IPB melaksanakan kegiatan Dialog Jumat Keliling yang ke-2, Jumat (05/05), bertempat di masjid Jami Al-Amin, Desa Cikarawang, Kecamatan Dramaga, Kabupaten Bogor. Dalam acara tersebut, hadir Wakil Dekan Bidang Sumberdaya, Kerjasama dan Pengembangan Fakultas Pertanian IPB sebagai Pimpinan rombongan Jumling (Dr. Ir. Suwardi, M.Agr), Koordinator Kemitraan Lingkar Kampus IPB (Ir. Sutrisno Koswara, MSi), Koordinator Posdaya IPB (Warcito, SP.,MM), Wakil ketua pelaksana kegiatan jumling (drh. Rahmat Hidayat, Msi), Dosen dari Departemen Gizi Masyarakat IPB (dr. Naufal Muharam Nurdin), Perwakilan dari Agrianita IPB, Tim Jumling LPPM IPB, tokoh masyarakat dan warga desa Cikarawang.

Pelaksanaan Dialog jumling ini bertujuan untuk mempererat tali silaturahmi antara IPB dengan warga desa Cikarawang. “Desa Cikarawang butuh IPB, IPB pun butuh kontribusi dari warga desa lingkar kampus, oleh sebab itu diharapkan kita dapat saling bersinergi dan menjalin silaturahim dengan baik” ujar Kepala Desa Cikarawang dalam sambutannya.

Dalam acara tersebut, LPPM IPB memberikan bantuan berupa santunan kepada 20 anak yatim, sumbangan alat tulis ke TK dan PAUD, sumbangan untuk posyandu, dan pemberian piagam kepada pelaku UMKM di Desa Cikarawang yang telah mengikuti pelatihan. Pemberian bantuan tersebut diwakili oleh Dr. Ir. Suwardi, M.Agr.

drh. Rahmat Hidayat dalam Sambutannya menyampaikan bahwa fokus Kegiatan Jumling untuk tahun ini adalah keamanan pangan. Oleh sebab itu sebelum pelaksanaan jumling, pada hari Rabu 3 Mei 2017 LPPM IPB yang diwakili oleh Ir. Sutrisno Koswara, MSi memberi pelatihan kepada para pelaku usaha kecil dan menengah yang bergerak dibidang pangan agar dapat mengolah produk pangan lebih higienis dan terjamin keamanan pangannya. Pelatihan diikuti oleh 15 orang peserta UMKM Desa Cikarawang, yang terdiri atas pelaku usaha olahan keripik pisang, rengginang, dodol, brownis, dan makanan kering lainnya. Produk UMKM pangan tersebut kemudian dijual di bazar pada saat pelaksanaan kegiatan dialog jumling.

Download : PDF

lppm

Leave a Reply

Close