Cegah Banjir, Modifikasi Cuaca Perlu Dilakukan

Cegah Banjir, Modifikasi Cuaca Perlu Dilakukan

 
 
 
INILAHCOM, Jakarta - Demi mencegah banjir kembali berulang, pihak BPPT mendesak agar segera dilakukan operasi modifikasi cuaca. Seperti apa?

Pakar Meteorologi Tropis BPPT, Tri Handoko Seto menyebutkan bahwa pihaknya telah melakukan pemodelan cuaca dan diprediksi hujan berlangsung sampai hari ini, Selasa (10/2/2015).

"Curah hujan selama 24 terjadi hampir terus-menerus dengan jumlah tercatat di beberapa lokasi sekitar 100 mm tentu bukanlah curah hujan yang sedikit. Kedua tentu karena keterbatasan daya dukung permukaan baik kondisi alam berupa sungai-sungai maupun kesiapan pompa-pompanya," jelas Seto dalam keterangan resminya.

Ia juga mengungkap bahwa sejak awal Januari 2015 BPPT sudah diminta oleh BNPB untuk menyiapkan hal-hal yang diperlukan untuk melaksanakan teknologi modifikasi cuaca (TMC).

"Oleh karenanya kami telah menyiapkan TMC sepanjang yang bisa kami siapkan. Namun karena belum ada perintah resmi, maka TMC urung terlaksana," jelasnya.

Ditegaskan oleh Set, modifikasi cuaca jelas diperlukan, melihat kemampuan daya dukung permukaan di Jakarta dan sekitarnya yang masih jauh lebih kecil daripada potensi hujan yang mungkin terjadi, maka TMC memang masih diperlukan.

Modifikasi cuaca, tambahnya, harus segera terlaksana. "Penting untuk redistribusi curah hujan agar mengurangi potensi banjir di Jakarta. Sebaiknya segera dilakukan dalam beberapa hari ke depan ini," pungkasnya. [ikh]

 
Sumber : inilah.com

lppm

Leave a Reply

Close
Bahasa