Brokoli Super Mulai Dijual di Inggris

Brokoli Super Mulai Dijual di Inggris

Brokoli Super Mulai Dijual di Inggris

 

Brokoli Super Mulai Dijual di Inggris

MI/ADAM DWI

 

SAYURAN brokoli berjenis super yang dikembangkan oleh ilmuwan Inggris dan ditengarai mampu melawan penyakit jantung dan kanker telah dijual di 'Negeri Ratu Elizabeth' itu.

Sayuran itu memang sekilas tampak sama seperti brokoli pada umumnya, tapi bukan tanpa sebab diberi embel-embel 'super' sebab brokoli jenis ini mengandung nutrisi lebih banyak.

Hasil penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa senyawa kimia, glucoraphanin, yang dikandung brokoli ini dapat melindungi tubuh dari penyakit jantung dan beberapa jenis kanker.

Seperti dikutip dari Press Association, Selasa (4/10), brokoli jenis baru baru yang disebut Beneforte ini mengandung glucoraphanin dua sampai tiga kali lebih dari brokoli biasa. Menurut rencana, Beneforte akan dijual di toko Marks & Spencer dan mulai tersedia di rak-rak supermarket lainnya pada tahun depan.

Beneforte dikembangkan oleh ilmuwan Inggris dengan menggunakan teknik pemuliaan konvensional bukan rekayasa genetika. Pengembangan ini dimulai setelah ditemukannya hasil penelitian pada 1983 bahwa tingkat alami glucoraphanin memiliki banyak manfaat. Nutrisi senyawa kimia itu dikonversi di dalam usus ke dalam senyawa bioaktif sulphoraphane yang kemudian beredar dalam aliran darah.

Bukti menunjukkan bahwa sulphoraphane memiliki efek menguntungkan seperti mengurangi peradangan kronis, menghentikan pembelahan sel yang tidak terkendali yang berhubungan dengan stadium awal kanker, dan meningkatkan antioksidan tubuh.

Jika dibandingkan dengan brokoli biasa , makan brokoli Beneforte dapat meningkatkan kadar sulphoraphane dalam tubuh hingga 2-4 kali lebih banyak. Brokoli Beneforte dikembangkan di Institut Penelitian Makanan (IFR) dan John Innes Centre yang berbasis di Norwich. (Pri/OL-06)

 

Sumber : MediaIndonesia.com

lppm

Leave a Reply

Close
Bahasa