Bisnis Anak Kampus Minuman Rosella

Bisnis Anak Kampus Minuman Rosella

Bisnis Anak Kampus Minuman Rosella

rosela

JAKARTA - Sejak mahasiswa  Ahmad Alam dan Aji Bakhtiar, Alumni Institut Pertanian Bogor (IPB) telah menggeluti bisnis minuman rosella.

Awalnya keduanya memulai bisnis tersebut dengan menjadi distributor penjualan minuman rosella. Pada tahun 2009, mereka  berinisiatif memproduksi sendiri minuman rosella dan memasarkannya di wilayah kampus.

“Kami memulai dengan modal sederhana yakni kompor, panci dan saringan. Kami memproduksinya di kos. Alhamdulillah produk kami disukai teman-teman. Sekali produksi dihasilkan 25- 50 kemasan minuman rosella,” ujar Aji, demikian dikutip dari situs IPB, Minggu (24/4/2011).

Dari usaha home industry inilah, Ahmad, Aji dan Ary Purbayanto memberanikan diri mengikuti lomba Wirausaha Muda yang diselenggarakan DIKTI, Kemendiknas.

Usaha mereka membuahkan hasil, proposal usaha mereka disetujui dan mendapatkan modal Rp24 juta. Dari situlah mereka mengembangkan usahanya lebih serius lagi. Mereka juga mendapat bimbingan usaha dari seorang staf pengajar IPB.

“Berbagai inovasi produk kami kembangkan. Saat ini kami telah berhasil memproduksi 2.000 botol per hari dan menitipkannya pada sekitar 400 outlet yang tersebar di Jabodetabek," ujar Alam. Menurut Alam, kunci sukses terjun di dunia wirausaha terletak pada “DNA” yakni Dream and Action.

“Kita harus berani bermimpi dan mewujudkan mimpi itu. Memulai usaha tidak harus selalu bermodalkan uang. Kita bisa menjalankan usaha dengan memakai ide usaha, modal dan tenaga orang lain. Semua tergantung dari keberanian dan ketrampilan manajerial kita,” ujar Alam.

Mereka  bertekad akan terus menekuni bisnis minuman rosella ini. Mereka berharap usaha rosella dapat membuka lapangan kerja baru bagi lingkungan sekitarnya.

Bunga Rosella atau bahasa latinya Hibiscus Sabdariffa, merupakan jenis tanaman herbal yang sangat berkasiat untuk kesehatan.(rhs)

Sumber : Okezone

lppm

Leave a Reply

Close
Bahasa