Beragam Olahan Ikan

Beragam Olahan Ikan

Beragam Olahan Ikan

Image

IKAN GORENG SAUS MANGGA, ANDA pencinta makanan laut? Jika ya, sudah sepantasnya Anda menyukai hidangan berbahan dasar hewan laut yang kaya protein yakni ikan.

Beragam jenis makanan bisa dihasilkan dari bahan baku ikan. Selain mengenyangkan, mengonsumsi menu-menu ikan juga akan membawa segudang manfaat buat kita. Maklum, di dalam ikan terkandung zat gizi yang sangat baik bagi otak dan tubuh. Jenis ikan terbagi atas ikan tanpa rahang, ikan bertulang rawan seperti hiu ataupun pari, dan sisanya yang tergolong ikan bertulang keras.Ikan memiliki bermacam ukuran, mulai paus dan hiu yang memiliki panjang 14 meter hingga stout infant fish yang hanya berukuran 7 milimeter.

Ada beberapa jenis hewan air yang sering dianggap sebagai ”ikan”, seperti ikan paus, ikan cumi, dan ikan duyung, yang sebenarnya tidak tergolong sebagai ikan. Menu berbahan baku ikan dapat dengan mudah kita jumpai di sini. Metode pengolahannya beragam, mulai goreng, bakar, panggang, rebus, bahkan ada yang dihidangkan dalam kondisi mentah. Ikan yang bisa dipilih untuk disajikan sebagai makanan seharihari juga banyak jenisnya, seperti kakap, tenggiri, kerapu, salmon, dan masih banyak lagi.

Kakap merah merupakan hewan laut yang selalu berkelompok menempati karang, tandes, ataupun rumpon. Ikan kakap merah yang mempunyai ”nama Inggris” red snapper, hampir bisa ditemui di semua lokasi di Indonesia, bahkan dunia. Bentuk tubuhnya bulat pipih dan memanjang,dengan sirip pada bagian punggung. Di bawah perut juga terdapat sirip.Di bagian dekat anal pun terdapat sirip anal. Sebagai ikan penguasa karang,kakap dilengkapi dengan gigi untuk mengoyak mangsanya.

Cara makan kakap tergolong unik. Ikan ini tidak menyergap, tetapi mengisap mangsa dengan mulut lebarnya. Kakap merah oven dengan saus BBQ bisa menjadi pilihan menu keluarga Anda.Ditinjau dari namanya, kita sudah dapat membayangkan bahwa menu kakap ini dibuat dengan cara dioven.Sajian ikan kakap ini juga menggunakan saus barbeque sebagai pelengkap. ”Kakap merah sengaja dioven agar rasa ikan yang disajikan masih terasa keasliannya,” kata Chef Hermin Ningsih. Menu lain yang bisa dipilih adalah sajian berbahan dasar ikan gindara.

Namanya ikan goreng saus mangga. Menu ini memiliki rasa asam yang segar, berasal dari saus yang digunakan. Ingin yang lebih ”beda”, cobalah membuat sushi atau stim ikan kerapu. (inggrid namirazswara)  

 

Sumber :  http://www.seputar-indonesia.com/

 

lppm

Leave a Reply

Close
Bahasa