AS dan Indonesia Teken Kerja Sama Iptek

AS dan Indonesia Teken Kerja Sama Iptek

AS dan Indonesia Teken Kerja Sama Iptek

Dubes AS Cameron R Hume (Foto: Ist)


JAKARTA - Duta Besar AS Cameron R Hume dan Menteri Riset dan Teknologi Suharna Surapranata, Senin (29/3/2010) menandatangani kesepakatan kerja sama bilateral antara Amerika Serikat dan Indonesia untuk bidang ilmu pengetahuan dan teknologi.

Duta Besar Hume mengatakan, Presiden Obama telah meminta dibentuknya kerja sama baru di seluruh dunia dengan didasari prinsip-prinsip saling menghargai, kepentingan bersama, dan tanggung jawab bersama; komitmen bersama untuk menjunjung tinggi nilai-nilai universal; dan hubungan yang komprehensif dengan baik pemerintah maupun para warga negara.

“Bersama-sama kita dapat menghadapi berbagai tantangan global,” kata Duta Besar. “Utusan Presiden Obama untuk bidang ilmu pengetahuan akan berkunjung ke Indonesia pada Mei. Kami sangat antusias untuk memulai aktivitas bersama,” imbuh Hume.

Kerangka kerja sama bilateral ini akan memperkuat dan memacu kerja sama di bidang penelitian dan pengembangan teknologi. Kerja sama ini akan didasari pada pembagian tanggung jawab, kontribusi serta maanfaat yang didapatkan secara bersama. Kerja sama ini akan meningkatkan kemampuan ilmu pengetahuan dan teknologi serta meluaskan dan memperdalam hubungan antara komunitas ilmiah kedua negara. Kerja sama ini juga dapat meliputi pertukaran ahli iptek, informasi dan pengalaman-pengalaman positif; pembentukan proyek, seminar, diskusi dan loka karya bersama; serta pengembangan kerja sama secara langsung antara badan-badan pemerintah, universitas-universitas dan lembaga-lembaga lainnya di kedua negara.

Amerika Serikat dan Indonesia memiliki sejarah panjang pertukaran ilmiah dan kerja sama yang terus berkembang hingga kini. Sebelumnya, sebuah Perjanjian Kerjasama Ilmu Pengetahuan dan Teknologi antara Amerika Serikat dan Indonesia juga telah ditandatangani pada tahun 1992, namun masa aktif perjanjian tersebut berakhir pada 2002. (mbs)

Sumber : http://kampus.okezone.com

 

 

lppm

Leave a Reply

Close
Bahasa