Apa Manfaat Probiotik bagi Tubuh?

Apa Manfaat Probiotik bagi Tubuh?

Apa Manfaat Probiotik bagi Tubuh?

Apa Manfaat Probiotik bagi Tubuh

sxc.hu

 

ISTILAH 'probiotik' bermakna 'untuk hidup'. Probiotik adalah organisme yang berkontribusi terhadap kesehatan dan keseimbangan saluran usus. Maka itu, probiotik kerap disebut sebagai bakteri ramah, baik, dan menguntungkan.

Bakteri Lactobacillus dianggap sebagai probiotik sehingga dinilai baik untuk kesehatan. Selama ini pun makanan fermentasi diketahui memiliki banyak manfaat kesehatan.

Ahli gizi Dr Nupur Krishnan mengatakan, "Lebih dari 400 spesies mikroorganisme yang berbeda-beda mendiami berbagai daerah pada saluran pencernaan manusia dewasa. Ini menyumbangkan hampir 2 kg dari berat total tubuh. Kehadiran sedikit bakteri seperti jenis laktobasilus dan bifido bermanfaat bagi kesehatan kita dan mampu meningkatkan imunitas."

Apabila berfungsi dengan baik, bakteri tersebut akan membantu menjaga tubuh kita terhadap bakteri patogen, membantu fungsi sistem pencernaan, dan meningkatkan fungsi kekebalan tubuh. Adapun makanan produk fermentasi yang mengandung asam laktat bakteri yang memiliki efek probiotik yakni kefir, yoghurt, sauerkraut, kimchi, dan kombucha. (Pri/OL-06)

Sumber : mediaindonesia.com

lppm

Leave a Reply

Close
Bahasa