Ahli Kloning Manusia Terbukti Penipu

Ahli Kloning Manusia Terbukti Penipu

Ahli Kloning Manusia Terbukti Penipu

Hwang Woo-suk
(istimewa)

INILAH.COM, Jakarta- Hwang Woo-suk ilmuwan yang juga pahlawan stem cell Korea divonis bersalah oleh pengadilan atas kasus penipuan. Vonis itu mengejutkan seluruh komunitas ilmiah global.

Hwang, ilmuwan yang juga selebriti Korea Selatan dihadapkan ke meja hijau atas tuduhan penipuan, penyalahgunaan dana negara dan melanggar hukum bioetika.

"Dia bersalah karena perekayasaan," pengadilan Seoul mengatakan dalam sebuah vonis persidangan yang menjatuhkan hukuman dua tahun. Rincian tentang karya ilmiah Hwang dan timnya telah diteliti di Seoul National University.

Pengadilan juga mengatakan bahwa Hwang secara ilegal mengalihkan sebagian dari uang penelitian untuk penggunaan pribadi.

"Tapi dia menunjukkan bahwa dia telah benar-benar bertobat atas kejahatannya," kata pengadilan dalam putusannya.

Pendukung Hwang yang berbondong-bondong menyaksikan setiap sidang pengadilan bertepuk tangan ketika pengadilan menghukum Hwang dua tahun penjara, dan ditangguhkan selama tiga tahun.

Jaksa menuntut empat tahun penjara dengan mengatakan Hwang menyalahgunakan riset ilmiah yang mempermalukan negara. Hwang dan pengacaranya tidak berkomentar sedikit pun pada wartawan.

Tim peneliti Hwang dianggap telah membuat dua terobosan besar dengan mengkloning sel-sel induk dan menyesuaikan untuk pasien tertentu.

Hal ini menimbulkan harapan akan sebuah jaringan spesifik yang secara genetis dapat memperbaiki kerusakan organ atau mengobati penyakit-penyakit termasuk Alzheimer.

Hwang mengaku berhasil mengkloning sapi pada tahun 1999, babi pada tahun 2002, dan kemudian terkenal di seluruh dunia pada tahun 2004 ketika ia mengklaim telah mengkloning embrio manusia pertama.[ito]

Sumber : http://www.inilah.com

lppm

Leave a Reply

Close
Bahasa