Abdi Nusantara X Kecamatan Gunung Sari, Kabupaten Lombok Barat Provinsi Nusa Tenggara Barat

Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 2 – 14 Agustus 2016 di Pusat Kesehatan Hewan, Kecamatan Gunungsari, Kabupaten Lombok Barat, Provinsi Nusa Tenggara Barat

Kegiatan dilaksanakan menyesuaikan dengan kegiatan PUSKESWAN Kecamatan Gunungsari, dalam pelaksanaanya kegiatan di bawah bimbingan dokter hewan dan paramedis. Pelayanan kesehatan hewan rutin dilakukan setiap hari Senin sampai Jumat mulai pukul 09.00 - 15.00 WITA. Selain itu pelayanan juga dilakukan diluar jam kerja apabila mendapat panggilan dari peternak. Penyuluhan Higiene personal dilakukan di SD Negeri 3 Gunungsari. Sasaran kegiatan ini adalah anak-anak, karena kesadaran untuk menjaga hygiene personal harus diajarkan sejak dini. Kegiatan penyuluhan dilakukan pada jam belajar. Metode yang dilakukan yaitu belajar sambil bermain, dengan terlebih dahulu memberikan penjelasan mengenai apa dan bagaimana pentingnya menjaga hygiene dan sanitasi, kemudian mahasiswa juga mendemokan bagaimana cara mencuci tangan yang baik dan benar dengan diiringi lagu yang mudah di hafal dan dipahami.

Untuk menguji seberapa besar tingkat pemahaman siswa, diberikan tantangan untuk mendemokan ulang tentang cara mencuci tangan yang baik dan benar, awalnya hanya ada sedikit siswa yang berani maju, tetapi setelah mereka tahu bahwa yang berani maju diberi hadiah, banyak

sekali siswa yang ingin maju kedepan untuk mendemokan cara mencuci tangan yang baik dan benar. Selain itu, untuk menguji kepahaman siswa SD juga diberi pertanyaan mengenai materi yang telah disampaikan dan sebagian besar dapat menjawab pertanyaan dengan benar. Hasilnya semua anak-anak mampu melakukan cara mencuci tangan yang baik seperti yang disampaikan oleh mahasiswa.

Kegiatan lain yang dilakukan yaitu penyuluhan tentang PROBIOTIK, tujuannya untuk meningkatkan kecernaan ternak, yang dapat digunakan untuk program penggemukan. Penyuluhan dilakukan pada kelompok ternak di Kecamatan Gunungsari. Pada awalnya sudah diberitahukan terlebih dahulu melalui ketua kelompok ternak bahwa akan ada penyuluhan mengenai Probiotik. Pada awal pertemuan, mahasiswa menjelaskan tentang pengertian dan kegunaan Probiotik, selama sesi ini terjadi komunikasi dua arah, peternak tidak hanya memperhatikan tetapi juga banyak memberikan pertanyaan mengenai probiotik. Setelah penjelasan mengenai Probiotik selesai, selanjutnya dilakukan demo mengenai cara pembuatan probiotik. Dalam sesi ini peternak juga tidak hanya memperhatikan, tetapi juga memberikan banyak pertanyaan. Bahan-bahan probiotik yang sudah dicampurkan dan dimasukan kedalam wadah yang kedap udara, disimpan di tempat kelompok ternak untuk selanjutnya dilihat hasilnya satu minggu kemudian. Setelah acara selesai, dilanjutkan dengan kegiatan pemberian vitamin dan obat cacing gratis. Satu minggu kemudian, hasil pembuatan Probiotik dilihat dan berhasil.

Ditemukan beberapa kasus seperti:

  1. Retensi plasenta
  2. Kecacingan

Close
Bahasa