SUIJI-SLP 2020 IPB University Berakhir, Mahasiswa Jepang Dapatkan Pengalaman Berharga Selama Tinggal di Desa

SUIJI-SLP 2020 IPB University Berakhir, Mahasiswa Jepang Dapatkan Pengalaman Berharga Selama Tinggal di Desa

Six University Initiative Japan Indonesia-Service Learning Program (SUIJI-SLP) tahun 2020 telah selesai di laksanakan. Kegiatan SUIJI-SLP 2020 yang diselenggarakan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) IPB University ditutup dengan Final Presentation di Ruang Diskusi Fakultas Lantai 3, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Kampus IPB Dramaga, Bogor, (5/3).

Mahasiswa Indonesia dari IPB University dan Mahasiswa Jepang dari Kagawa University, Ehime University serta Kochi University peserta SUIJI-SLP 2020 ini telah melakukan pengabdian selama 14 hari di empat desa dan dua kelurahan yakni Desa Neglasari, Desa Sukawening, Desa Sukadamai, Desa Purwasari, Kelurahan Bubulak dan Kelurahan Situ Gede.

Selama melakukan pengabdian, peserta SUIJI-SLP 2020 membantu menangani permasalahan yang dihadapi masyarakat desa salah satunya yaitu menangani masalah sampah. Selain itu, mereka pun membantu mengajar anak-anak sekolah dasar dan juga belajar budaya masyarakat setempat.

Acara Final Presentation SUIJI-SLP 2020 dilakukan oleh masing-masing kelompok peserta dari empat desa dan dua kelurahan tersebut yang terbagi atas dua sesi. Sesi pertama yaitu presentasi hasil akhir kelompok peserta dari Desa Sukawening, Desa Neglasari dan Kelurahan Situ Gede. Sesi kedua yaitu presentasi hasil akhir dari kelompok Kelurahan Bubulak, Desa Sukadamai dan Desa Purwasari.

Setelah pemaparan presentasi hasil akhir oleh masing-masing kelompok peserta tersebut, terdapat kegiatan penyerahan kenang-kenangan berupa piagam kepada lurah, kepala desa, ketua RT, dan RW serta pemilik homestay di masing-masing desa dan kelurahan mitra SUIJI-SLP 2020.

Pada kesempatan ini, turut hadir Wakil Kepala LPPM IPB University Bidang Pengabdian pada Masyarakat, Prof. Dr. Sugeng Heri Suseno yang memberikan statement closing sebagai penutup Kegiatan SUIJI-SLP 2020. Prof. Sugeng menyampaikan bahwa kegiatan SUIJI-SLP ini sangat bermanfaat sekali baik bagi mahasiswa atau pun masyarakat desa.

“Dari adanya Kegiatan SUIJI-SLP yang rutin setiap tahun diselenggarakan ini, diharapkan mahasiswa dapat memetik pelajaran berharga dari apa yang telah dilakukan selama terjun langsung kemasyarakat di desa,” tutur Prof. Sugeng pada penutupan Kegiatan SUIJI SLP 2020.

Setelahitu, acara ditutup dengan penyerahan piagam kepada masing-masing perwakilan desa dan kelurahan yang telah menjadi mitra kegiatan SUIJI-SLP 2020. (LPPM)

lppm

Leave a Reply

Close
Bahasa