Wakil Presiden K.H. Ma’ruf Amin menerima kunjungan Rektor IPB University Beserta Jajaran, IPB Harus Berperan Dalam Ekonomi Kerakyatan dan Syariah

Wakil Presiden K.H. Ma’ruf Amin menerima kunjungan Rektor IPB University Beserta Jajaran, IPB Harus Berperan Dalam Ekonomi Kerakyatan dan Syariah

Jakarta, wapresri.go.id—Siang ini, Wakil Presiden (Wapres) K.H. Ma’ruf Amin menerima kunjungan Rektor Institut Pertanian Bogor (IPB) Arif Satria beserta jajaran di Kantor Wapres, Jl. Merdeka Utara No. 15, Jakarta, Kamis (12/03/2020).

Wakil Presiden memerima kunjungan rektor ipb university beserta jajaran BERITA SLIDER

Pada pertemuan tersebut, Wapres mengatakan bahwa IPB harus berperan aktif dalam pengembangan ekonomi kerakyatan dan syariah.

“Peran IPB akan menjadi sangat strategis sehingga perlu konsep-konsep yang jelas. Mengharapkan peran IPB ke depan dalam bidang ini [ekonomi kerakyatan],” ujarnya.

Selain itu, Wapres juga menyebut IPB yang memiliki basis pertanian dan kelautan diminta mampu mengembangkan bahan baku lokal di tengah kesulitan impor akibat dampak dari virus corona.

“IPB punya basis pertanian dan kelautan, pada saat negara ingin mengembangkan [produk-produk lokal], apalagi sedang tidak bisa mengimpor bahan baku karena Corona, ini saatnya kita mengembangkan sendiri bahan baku yang kita perlukan,” ungkap Wapres.

Tak lupa Wapres menyampaikan apresiasinya kepada IPB yang selama ini telah berperan dalam mengembangkan ekonomi kerakyatan, baik di bidang pertanian maupun kelautan.

“Terima kasih atas berbagai insiatif yg sangat baik sekali terutama dalam rangka mengembangkan ekonomi kerakyatan baik di bidang pertanian maupun kelautan,” tandasnya.

Dalam kesempatan tersebut, Rektor IPB Arif Satria melaporkan bahwa IPB berhasil meraih penghargaan perguruan tinggi terbaik peringkat 59 dunia di bidang pertanian, perikanan, dan kehutanan.

“Alhamdulillah minggu lalu IPB mendapat pengumuman sebagai universitas terbaik ke-59 di bidang pertanian, perikanan, dan kehutanan,” ucapnya.

Ia menerangkan bahwa IPB juga ingin fokus melahirkan petani milenial untuk menjamin regenerasi petani di Indonesia, dan mentransformasi pertanian ke arah digital.

“Konsep melahirkan petani-petani milenial, karena problem di Indonesia adalah regenerasi petani. Petani saat ini semakin senior sehingga kami khawatir sehingga kami harus mendorong proses regenerasi ini berlangsung dengan baik. Ini juga bagian upaya kami untuk mentransformasi ke arah digital,” terangnya.

Hadir bersama Rektor IPB, Wakil Rektor IPB Dodik Ridho, Ketua Agrianita IPB Retno Widiastuti, Ketua Senat Akademik IPB Dodi Nandika, Kepala Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Aji Hermawan, Direktur Bisnis Jaenal Efendi, dan Kepala Pusat Kajian Sumber Daya Pesisir dan Lautan Ario Damar.

Sementara Wapres didampingi, Kepala Sekretariat Wapres Mohamad Oemar, Staf Khusus Wapres Bidang Komunikasi dan Informasi Masduki Baidlowi, Staf Khusus Wapres Bidang Umum Masykuri Abdillah, Staf khusus bidang Ekonomi dan Keuangan Lukmanul Hakim, Staf khusus bidang Infrastruktur dan Investasi Sukriansyah Latief, dan Plt. Deputi Bidang Dukungan Kebijakan Pembangunan Manusia dan Pemerataan Pembangunan Abdul Muis. (PW/AF-KIP, Setwapres)

Sumber : Wapresri.go.id

lppm

Leave a Reply

Close
Bahasa